Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Puji Pemilu PBB

Kompas.com - 09/07/2012, 11:39 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Minggu (8/7/2012), mengucapkan selamat kepada rakyat Libya atas penyelenggaraan pemilihan anggota parlemen yang digelar pada Sabtu (7/7/2012). Ban mengatakan,  "tekad mereka sekali lagi terlihat" saat mereka memberi suara mereka.

Menurut satu pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara Ban di Markas PBB, Minggu, "Sekretaris Jenderal dengan hangat mengucapkan selamat kepada rakyat Libya atas pemilihan umum pertama di negeri tersebut dalam setengah abad."

Di dalam pernyataan itu, Ban Ki-moon tersebut memuji peran Komisi Tinggi Pemilihan Umum di Libya dan ribuan staf pemilihan yang memastikan "pemungutan suara berlangsung transparan dan dilaksanakan dengan baik".

Ban menyampaikan harapan untuk melihat "keberhasilan dalam penuntasan proses pemilihan umum yang diselenggarakan oleh rakyat Libya dan didukung dengan senang hati oleh PBB".

"Sekretaris Jenderal menyampaikan penghargaannya kepada para calon dan partai politik yang bersaing dalam pemilihan umum dalam semangat demokratis dan damai," kata pernyataan itu, sebagaimana dikutip Xinhua.

"PBB sangat berharap dapat bekerja sama dengan pemimpin baru Libya dan kaum muda, lelaki dan perempuan, bagian dari masyarakat sipil, saat mereka menghadapi tantangan mengenai perancangan konstitusi dan pembangunan negara yang aman serta bertanggung-jawab," katanya.

"Sekretaris Jenderal percaya bahwa mereka akan melakukan itu dalam semangat kebersamaan, keadilan dan perujukan di kalangan semua warga Libya," katanya.

Rakyat Libya memberi suara mereka pada Sabtu, dalam pemilu legislatif pertama pascaketergulingnya Moammar Khadafy. Lebih dari 2,7 juta orang di Libya, atau sebanyak 80 persen orang yang memenuhi syarat sebagai pemilih, telah terdaftar untuk memberi suara dalam pemilihan umum tersebut. Hasil awal penghitungan suara dijadwalkan diumumkan pada 11 Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com