Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Xanana Rebut Suara Terbanyak

Kompas.com - 08/07/2012, 10:45 WIB

DILI, KOMPAS.com - Partai pimpinan Perdana Menteri Xanana Gusmao memimpin perolehan suara dalam pemilihan umum legislatif Timor Leste, menurut penghitungan sementara yang dirilis Minggu (8/7/2012).

Partainya, Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) merebut 36,11 persen suara pada pemungutan suara yang digelar Sabtu (7/7/2012). Komisi pemilu mengatakan, sampai saat ini sudah lebih dari 95 persen suara dihitung.

Sementara itu partai sayap kiri Fretilin berada di urutan kedua dengan 30,09 persen. Partai Demokrat, yang merupakan anggota koalisi pemerintah, mendapat 10,56 persen suara.

Belum ada indikasi jumlah kursi yang dimenangi setiap partai, namun hasil awal itu mengindikasikan bahwa masa jabatan Xanana Gusmao bakal lebih lama. Hasil akhir pemilu legislatif ini belum akan diketahui dalam beberapa hari.

Pemimpin kharismatik Xanana Gusmao tengah berupaya mempertahankan kursi perdana menterinya. Dalam kampanyenya CNRT menjanjikan investasi jangka panjang untuk proyek-proyek infrastruktur seperti jalan, listrik, air.

Di lain pihak, Fretilin lebih menawarkan platform yang populis, yakni membelanjakan penghasilan dari minyak untuk meningkatkan penghasilan dan pendidikan masyarakat.

Pemilu ini menjadi ujian apakah Timor Leste, yang baru merayakan 10 tahun kemerdeakaan pada Mei lalu, siap mengambil alih kendali keamanan dan menentukan apakah pasukan perdamaian PBB bisa meninggalkan negara itu akhir tahun ini.

Pemilihan presiden yang dilangsungkan dua putaran berlangsung aman dan telah memilih Taur Matan Ruak sebagai presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com