Kompas.com - 08/07/2012, 10:45 WIB
EditorKistyarini

DILI, KOMPAS.com - Partai pimpinan Perdana Menteri Xanana Gusmao memimpin perolehan suara dalam pemilihan umum legislatif Timor Leste, menurut penghitungan sementara yang dirilis Minggu (8/7/2012).

Partainya, Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) merebut 36,11 persen suara pada pemungutan suara yang digelar Sabtu (7/7/2012). Komisi pemilu mengatakan, sampai saat ini sudah lebih dari 95 persen suara dihitung.

Sementara itu partai sayap kiri Fretilin berada di urutan kedua dengan 30,09 persen. Partai Demokrat, yang merupakan anggota koalisi pemerintah, mendapat 10,56 persen suara.

Belum ada indikasi jumlah kursi yang dimenangi setiap partai, namun hasil awal itu mengindikasikan bahwa masa jabatan Xanana Gusmao bakal lebih lama. Hasil akhir pemilu legislatif ini belum akan diketahui dalam beberapa hari.

Pemimpin kharismatik Xanana Gusmao tengah berupaya mempertahankan kursi perdana menterinya. Dalam kampanyenya CNRT menjanjikan investasi jangka panjang untuk proyek-proyek infrastruktur seperti jalan, listrik, air.

Di lain pihak, Fretilin lebih menawarkan platform yang populis, yakni membelanjakan penghasilan dari minyak untuk meningkatkan penghasilan dan pendidikan masyarakat.

Pemilu ini menjadi ujian apakah Timor Leste, yang baru merayakan 10 tahun kemerdeakaan pada Mei lalu, siap mengambil alih kendali keamanan dan menentukan apakah pasukan perdamaian PBB bisa meninggalkan negara itu akhir tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemilihan presiden yang dilangsungkan dua putaran berlangsung aman dan telah memilih Taur Matan Ruak sebagai presiden.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.