Kompas.com - 03/07/2012, 07:19 WIB
EditorKistyarini

TEHERAN, KOMPAS.com - Parlemen Iran menandatangani rancangan undang-undang yang bertujuan melarang tanker-tanker minyak bertujuan Uni Eropa (UE) menggunakan Selat Hormuz, seperti dilaporkan media Iran. Pelarangan itu untuk menghukum negara-negara Uni Eropa yang menjatuhkan sanksi pada Iran.

"Proyek ini sebagai respons atas sanksi minyak yang diberlakukan oleh Uni Eropa terhadap Republik Islam Iran," kata Ebrahim Agha Mohammadi, dari komisi luar negari parlemen, kantor berita Mehr melaporkan, Senin (2/7/2012).

"Sejalan dengan rancangan itu, pemerintah memiliki hak untuk menghentikan transit tanker (melalui Hormuz) yang membawa minyak ke negara-negara yang menjatuhkan sanksi minyak pada Iran," imbuhnya.

"Parlemen akan diminta menyetujui RUU dan menganggapnya sebagai "prioritas".

Embargo minyak Iran oleh Uni Eropa berlaku efektif mulai Minggu (1/7/2012). Hal itu menimbulkan amarah Teheran yang mengatakan tindakan itu akan membahayakan perundingan nuklir Iran dengan negara-negara dunia.

Lembaga-lembaga pengamat serta para analis pasar perminyakan berpendapat, embargo, ditambah sanksi finansial Amerika Serikat, akan sangat merugikan ekspor minyak Iran.

Badan Energi Internasional mengatakan ekspor minyak mentah iran selama Mei tampaknya turun menjadi 1,5 juta barrel setiap hari, sementara pasar bersiap menghadapi embargo, yang sudah didengungkan sejak 23 Januari lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Iran mengancam menutup Selat Hormuz jika program nuklirnya menjadi target serangan udara, salah satu opsi yang dipertimbangan AS dan Israel. Ancaman itu, yang diulangi sejak Desember, menyebabkan melonjaknya harga minyak.

Namun para pejabat politik dan militer mengatakan belum ada niatan untuk melaksanakan ancaman penutupan selat yang menjadi pintu masuk ke kawasan Teluk yang kaya minyak itu.

Sementara itu pemerintah Turki mengumumkan pada Senin malam bahwa kekuatan dunia dan Iran akan mengadakan pembicaraan lanjutan tentang program nuklir Iran di Istanbul pada Selasa (3/7/2012).



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.