Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

85 Tentara Suriah Membelot ke Turki

Kompas.com - 03/07/2012, 06:01 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Puluhan tentara Suriah, termasuk sejumlah perwira tinggi, telah membelot ke Turki, Senin (2/7/2012), kantor berita Turki Anatolia melaporkan.

Delapan puluh lima tentara yang membelot itu termasuk seorang jenderal dan beberapa perwira senior, Anatolia mengutip pejabat setempat.

Dengan pembelotan terbaru itu, kini sudah 14 jenderal Suriah yang menyeberang ke Turki dan meninggalkan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Kelompok terkahir itu masuk Turki di Reyhanli, di wilayah selatan negara itu. Mereka bergabung dengan 293 orang lainnya, termasuk perempuan dan anak-anak.

Hingga kini Turki sudah menampung lebih dari 35.000 pengungsi Suriah, termasuk para desertir militer.

Ketegangan antara Turki dengan Suriah terus meningkat sejak Suriah menembak jatuh pesawat tempur Turki bulan lalu. Suriah berkeras pesawat itu melanggar wilayah udaranya ketika ditembak, sementara Turki membantahnya. Kedua pilot pesawat itu belum ditemukan sampai hari ini.

Pada Minggu (1/7/2012) kemarin, Turki bergegas menerbangkan jet-jet tempurnya setelah sejumlah helikopter Suriah terbang mendekati perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com