Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Little Tokyo Ennichasai di Blok M

Kompas.com - 30/06/2012, 12:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Seni Kebudayaan dan Kuliner Jepang, Ennichisai kembali digelar untuk ketiga kalinya di area sekitar Blok M Square, Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6/2012). Seperti tahun sebelumnya acara ini menampilkan costplay, bazaar dan puncaknya adalah arak-arak mikoshi.

"Tema nya tahun ini adalah Arigato Kokoronotomo. Acara ini berlangsung selama dua hari, hari ini dan besok. Maksud tema itu adalah sebagai rasa bentuk terimakasih dari Jepang untuk Indonesia," ujar Hirano Hidekatzu, panitia Acara Ennichisai 2012, saat ditemui Kompascom, Sabtu, (30/6/2012).

Alasan pemilihan tema tersebut, menurut Hirano ada sisi historisnya. "Kenapa kami pilih tema ini, karena tahun lalu Indonesia sudah membantu Jepang saat peristiwa Tsunami. Jadi tahun ini, kami ingin berterimakasih kepada Indonesia, Arigatou," ucapnya sambil tersenyum.

Hirano berharap acara ini dapat mempererat hubungan baik Indonesia dengan Jepang. "Saya berharapnya hubungan Indonesia dengan Jepang akan lebih baik lagi. Di Blok M sini juga banyak sekali rumah makan dan cafe Jepang, mungkin akan lebih diperbaiki lagi," tutur Hirano.

Menurutnya, pemilihan Melawai sebagai lokasi, karena selama ini Melawai memang dikenal sebagai "Little Tokyo", sehingga membuat mereka berinisiatif membuat festival kebudayaan Jepang ditempat ini.

Menurut pantauan Kompascom, sejak pagi tadi sekitar pukul 10.00 sudah tampak anak-anak yang berlatih tarian tradisional Jepang. Beberapa komunitas cosplay unjuk kreatifitas kostum figur, dan acara ini dimulai dengan pementasan angklung yang memainkan lagu "Kokoronotomo".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com