Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran untuk Pangeran Charles Bertambah

Kompas.com - 29/06/2012, 23:10 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com -- Pangeran Charles, pewaris tahta Kerajaan Inggris, tahun ini menerima lebih banyak dana dari pemerintah alias dana dari para pembayar pajak di Inggris. Pangeran Charles menerima hampir 2,2 juta poundsterling atau sekitar Rp 30 miliar per Maret 2012, meningkat 11 persen dari tahun lalu.

Kantor berita AP, Jumat (29/6/2012), mengutip angka yang dikeluarkan pihak istana yang menunjukkan adanya peningkatan pada pendapatan Pangeran Charles maupun belanja yang dilakukannya. Hanya saja, angka ini tidak mengungkapkan berapa besar biaya dari Perkawinan Pangeran William dengan Kate Middleton pada April 2011.

Pangeran Charler juga berpenghasilan dari properti dan investasi dari Duchy of Cornwall. Duchy of Cornwall adalah real estate seluas 55.000 hektar yang dibangun sejak abad ke-14 yang memberi pendapatan bagi Pangeran Charles.

Pendapatan dari properti ini sebesar 18,3 juta poundsterling, atau naik 3 persen dibanding tahun lalu. Untuk properti ini, Pangeran Charles membayar pajak sebesar 4,5 juta poundsterling, naik tipis dibanding tahun lalu.

Pangeran Charles yang kini menikah dengan Camilla alias Duchess of Cornwall, membelanjakan sekitar 12 juta poundsterling, terutama dalam melakukan tugas kerajaan. Belanja ini naik dari 11,4 juta poundsterling tahun lalu.

Pangeran yang kini berusia 63 tahun dan istri melakukan perjalanan sekitar 77,000 kilometer untuk tugas dengan total biaya 1,3 juta poundsterling.

Soal biaya perkawinan Pangeran William, pihak istana menegaskan bahwa biayanya ditanggung antara keluarga perempuan dan keluarga laki-laki. Hanya tidak etis dan santun kalau mengungkapkan biaya perkawinan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com