Kompas.com - 29/06/2012, 17:27 WIB
EditorKistyarini

KAIRO, KOMPAS.com - Presiden terpilih Mesir, Dr Mohamed Mursi, dijadwalkan diambil sumpah di hadapan Mahkamah Konstitusi di Kairo, Sabtu (30/6/2012) pagi.

Setelah diambil sumpah, Presiden Mursi akan bergabung dengan masyarakat untuk merayakan pelantikan itu yang resepsinya diadakan secara besar-besaran di Universitas Kairo, media massa setempat melaporkan, Jumat (29/6/2012).

Menurut kantor berita Mesir, MENA, Kepala Negara akan menyampaikan pidato pertama kepada rakyat di Universitas Kairo seusai upacara pengambilan sumpah.

Ihwal penetapan pelantikan presiden ini terpuruk dilema dan menjadi isu politik hangat diperbincangkan pasca pemilihan presiden.

Dilema itu terfokus pada tarik-menarik menyangkut pelantikan presiden, apakah akan diadakan di parlemen atau di Mahkamah Konstitusi (MK).

Di satu pihak, Dewan Agung Angkatan Bersenjata (SCAF) yang berkuasa menjadwalkan pelantikan di MK, dan di pihak lain, Ikhwanul Muslimin didukung kelompok proreformasi bersikeras agar pelantikan diadakan di parlemen.

Parlemen sendiri telah dibubarkan menjelang pemilihan presiden tahap akhir lewat keputusan kontroversial MK yang ditolak Ikhwanul Muslimin dan sejumlah elemen pro reformasi.

MK dalam keputusannya menyatakan bahwa pembentukan parlemen itu berdasarkan undang-undang politik yang beberapa pasalnya bertentangan dengan konstitusi.

Ikhwanul Muslimin dan berbagai kelompok pro reformasi menolak keras dan menilai keputusan MK politis untuk menghambat Ikhwanul Muslimin yang memenangkan Pemilu Legislatif pada akhir tahun lalu.

Penolakan itu diwujudkan dengan pendudukan pro reformasi terhadap Bundaran Tahrir, ikon revolusi Mesir di pusat kota Kairo sejak pekan lalu.

Pada Jumat, demo sejuta umat kembali di gelar di Bundaran Tahrir untuk menolak pembubaran parlemen hasil pemilu legislatif yang dimenangkan Ikhwanul Muslimin tersebut.

Presiden Mursi dan petinggi pelopor revolusi dikabarkan akan hadir dalam demo sejuta umat tersebut.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X