Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Kerahkan 170 Tank di Dekat Perbatasan Suriah

Kompas.com - 29/06/2012, 15:34 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

 

ANTAKYA, KOMPAS.com - Seorang perwira tinggi militer Suriah yang membelot ke pasukan pemberontak Tentara Pembebasan Suriah (FSA) menyatakan, pemerintah Suriah menggerakkan tak kurang dari 170 tank ke dekat perbatasan Suriah di sebelah utara kota Aleppo.

Jenderal Mustafa al-Sheikh, yang menjabat sebagai ketua Dewan Tinggi Militer—asosiasi perwira tinggi yang membelot, mengatakan, Jumat (29/6/2012), tank-tank Suriah itu dikumpulkan di sebuah Sekolah Infanteri dekat desa Musalmieh di sebelah timur laut kota Aleppo. Sekolah tersebut terletak sekitar 30 kilometer dari perbatasan dengan Turki.

Menurut al-Sheikh, tank-tank, yang sebagian besar berasal dari Divisi Mekanis ke-17 itu diduga akan dikerahkan untuk mengimbangi gerakan militer Turki di perbatasan, atau akan dipakai untuk menyerang kota-kota pusat gerakan perlawanan terhadap rezim Bashar al-Assad.

Turki dikabarkan telah menggelar berbagai persenjataan, seperti peluncur roket dan meriam antipesawat di beberapa titik di perbatasan dengan Suriah, menyusul insiden penembakan pesawat F-4 Phantom miliknya oleh tentara Suriah, pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com