Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RUU Pencari Suaka Gagal Lagi

Kompas.com - 29/06/2012, 03:30 WIB

Canberra, Kamis - Rancangan undang-undang yang akan mengatur penanganan para pencari suaka di Australia kembali kandas, Kamis (28/6). Selama kebuntuan politik ini bertahan, penyelundupan manusia menggunakan perahu tidak layak menuju Australia diduga akan terus meningkat.

Rancangan undang-undang (RUU) penanganan pencari suaka itu kandas di tingkat Senat atau majelis tinggi Parlemen Australia dengan perbandingan 39 suara menolak dan 29 suara mendukung.

Seluruh senator dari koalisi partai oposisi ditambah para senator dari Partai Hijau Australia menolak RUU yang diajukan anggota legislatif independen, Rob Oakeshott, yang didukung Pemerintah Australia. Padahal, Partai Hijau adalah bagian dari koalisi pendukung Partai Buruh yang sedang berkuasa.

Andai diloloskan, RUU tersebut akan memberi wewenang Pemerintah Australia untuk mendeportasi para pencari suaka yang tiba di Australia ke negara- negara lain di Asia Tenggara dan kawasan Pasifik.

Sebelumnya, RUU ini berhasil lolos di tingkat DPR atau majelis rendah parlemen setelah melalui debat emosional selama enam jam. Dua kecelakaan perahu pembawa pencari suaka dalam sepekan terakhir, yang menewaskan lebih dari 90 orang, mendorong para politisi Australia berusaha memecah kebuntuan.

Perdana Menteri Julia Gillard sempat mendorong Senat untuk segera meloloskan RUU ini sebelum parlemen memasuki masa reses selama enam minggu. Namun, begitu RUU tersebut kandas di Senat, perpecahan politik kembali memanas.

Gillard langsung menyalahkan pemimpin oposisi Tony Abbott yang ia anggap tak berbuat apa pun untuk berkompromi dalam legislasi yang bisa menyelamatkan nyawa pencari suaka.

”Abbott tak bergerak satu milimeter pun pada setiap tahap (pembahasan RUU) ini, sementara orang-orang terus tenggelam di laut,” kata Gillard.

Sebaliknya, Abbott balik menyalahkan ”kesombongan dan sikap keras kepala Gillard” sebagai pemicu kebuntuan politik. ”Kita tidak mendapatkan solusi, tetapi jalan buntu,” ujar Abbott.

Mematikan penyelundup

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com