Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kapal Terbalik di Pulau Christmas

Kompas.com - 27/06/2012, 10:28 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Sebuah kapal yang membawa  150 orang terbalik di utara Pulau Christmas, kata pejabat Australia, Rabu (27/6/2012). Otoritas Keamanan Maritim Australia  mengatakan, kapal itu sempat mengirim panggilan darurat pada Rabu pagi.

"Sebuah kapal terbalik di 107 mil laut dari Pulau Christmas. Dilaporkan ada 150 orang di kapal itu," kata juru bicara (jubir) Otoritas Keamanan Maritim Australia (AMSA) kepada AFP. "Sejauh ini kami tidak tahu jumlah orang yang selamat."

Dua kapal dagang telah berada di lokasi kejadian itu dan berusaha mengangkat penumpang dari air, ungkap AMSA. Kedua kapal itu adalah MV Bison Express, kapal berbendera Filipina yang mengangkut ternak, serta sebuah kapal tunda.

Dua kapal Angkatan Laut Australia sedang dalam perjalanan ke lokasi. "Kami perkirakan HMAS Maitland tiba di lokasi dalam dua jam ke depan dan sebuah kapal pertahanan Australia tiba sore nanti," tutur jubir AMSA.

Pekan lalu, sebuah kapal yang membawa ratusan pencari suaka karam di lepas pantai Pulau Christmas, yang merupakan bagian dari Australia.

Kapal itu diperkirakan membawa sekitar 200 orang. Total penumpang yang bisa diselamatkan adalah 110 orang, sementara tim SAR hanya menemukan 17 jenazah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com