Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mursi Diharapkan Bawa Mesir Mainkan Peranan Penting

Kompas.com - 26/06/2012, 22:55 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenangan Muhammad Mursi di Mesir, diharapkan membawa transisi demokrasi yang stabil. Mesir pun menjadi salah satu negara yang memainkan peranan penting, dalam perdamaian dan keadilan di Timur Tengah.

Peran itu terutama berkaitan dengan isu keadilan bagi rakyat Palestina, yang selama ini berada dalam penjajahan Israel.

"Mesir harus berperan aktif dalam menjaga perdamaian dan keadilan di Timur Tengah. Isu Palestina menjadi prioritas dan menjadi ukuran awal bagi peran Mesir di kancah Internasional," ujar Ketua Fraksi PKS, Mustafa Kamal, di Jakarta, Selasa (26/6/2012).

Kamal juga meminta Pemerintah Indonesia untuk dapat menyampaikan sikap resminya mengenai terpilihnya Mursi sebagai Presiden Mesir. Kamal berharap dukungan penuh pemerintah Indonesia, atas demokratisasi yang saat ini berjalan di Mesir.

"Mesir adalah salah satu negara yang paling awal mengakui kemerdekaan Indonesia tahun 1945 silam. Karena itu, sudah sepantasnya jika Pemerintah Indonesia memberikan apresiasinya atas demokratisasi di Mesir, yang ditandai dengan terpilihnya Mursi," kata anggota Komisi IV DPR itu.

Politisi muda PKS itu berharap, pemerintahan demokratis Mesir berjalan stabil dan tidak kembali ke era otoriter. Dengan begitu, transisi demokrasi ini terus mendapat dukungan rakyat Mesir dan berdampak positif pada kesejahteraan.

"Rakyat Mesir sudah melalui tahapan sulit dalam demokrasi. Semoga berjalan stabil dan mampu membawa kesejahteraan bagi rakyat Mesir, setelah sekian lama berada di bawah rezim otoriter," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com