Lagi, Jenderal Suriah Membelot

Kompas.com - 25/06/2012, 16:31 WIB
EditorKistyarini

ANKARA, KOMPAS.com - Satu lagi jenderal Suriah menyeberang ke Turki dan bergabung dengan sejumlah perwira tentara pemberontak yang kini bermarkas di perbatasan Turki-Suriah, kantor berita Anatolia melaporkan, Senin (25/6/2012).

Sejak pecahnya perlawanan terhadap rezim Presiden Bashar al-Assad 16 bulan silam, sudah 13 jenderal yang membelot ke Turki. Jenderal yang terakhir membelot ini disertai dua kolonel dan 30 tentara yang disertai keluarga masing-masing. Mereka menyeberang ke Turki pada Minggu (24/6/2012) malam.

Para pembelot itu dibawa ke kamp Apaydin di provinsi Hatay, sekitar 4 kilometer dari perbatasan dengan Suriah.

Kamp pengungsian ini wilayah tenggara Turki, seperti di Provinsi Hatay, Gaziantep, Sanliurfa, dan Kilis menampung lebih dari 33.000 warga Suriah. Jumlah itu meningkat setelah terjadi eskalasi kekerasan di Suriah, khususnya di kota-kota barat laut yang berbatasan denan Turki.

Kelompok-kelompok pemantau mengatakan, sekitar 15.000 orang terbunuh dalam 16 bulan terakhir, sementara para pejabat PBB menilai yang terjadi di Suriah sudah mendekati perang sipil.

Turki, yang pernah menjadi sekutu dekat Suriah, meminta pertemuan darurat NATO pada Selasa (26/6/2012) setelah menuduh Damaskus menembak satu pesawat tempurnya di wilayah udara internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.