Israel Ingin Bekerja Sama dengan Presiden Baru Mesir

Kompas.com - 25/06/2012, 10:20 WIB
EditorEgidius Patnistik

GAZA CITY, KOMPAS.com — Israel menyambut baik terpilihnya Presiden baru Mesir, Mohamed Mursi, dari Ikhwanul Muslimin yang diumumkan pada Minggu (24/6/2012) malam.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu langsung memberikan ucapan selamat. Ia mengatakan, Israel menghormati pemilihan demokratis Mursi sebagai Presiden Mesir dan ingin bekerja sama dengan pemerintahnya nanti.

"Israel menghargai proses demokrasi di Mesir dan menghormati hasil pemilihan presiden itu," demikian petikan isi pernyataan kantor Netanyahu. "Israel berharap untuk melanjutkan kerja sama dengan Pemerintah Mesir berdasarkan perjanjian damai."

Sementara itu, di Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir, orang-orang merayakan terpilihnya Mursi dengan mengumbar tembakan ke udara. Jalur Gaza dikuasai gerakan Islam Palestina, Hamas, yang berakar pada Ikhwanul Muslimin dan berhubungan erat dengan kelompok itu.

Seorang pejabat senior Hamas, Mahmud Zahar, mengatakan kepada AFP, ketika warga bersorak dan melepaskan tembakan untuk merayakan kemenangan itu di jalan-jalan kota Gaza, kemenangan tersebut merupakan "momen bersejarah dan era baru dalam sejarah Mesir." Zahar menyebutkan kemenangan Mursi itu sebagai "sebuah kekalahan bagi program normalisasi dan kerja sama keamanan dengan musuh." Musuh yang dirujuk Zahar adalah Israel.

Otoritas Palestina juga mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Mesir. "Kami mengucapkan selamat kepada Doktor Mohamed Mursi, kandidat dari Ikhwanul Muslimin, atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Mesir," kata perunding Palestina, Saeb Erakat, kepada AFP.

Warga Palestina telah mengawasi secara ketat transisi pascapemberontakan rakyat di Mesir. Hamas memuji kemunculan sekutu tradisionalnya Ikhwanul Muslimin, yang juga memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan parlemen Mesir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.