Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Ingin Bekerja Sama dengan Presiden Baru Mesir

Kompas.com - 25/06/2012, 10:20 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com — Israel menyambut baik terpilihnya Presiden baru Mesir, Mohamed Mursi, dari Ikhwanul Muslimin yang diumumkan pada Minggu (24/6/2012) malam.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu langsung memberikan ucapan selamat. Ia mengatakan, Israel menghormati pemilihan demokratis Mursi sebagai Presiden Mesir dan ingin bekerja sama dengan pemerintahnya nanti.

"Israel menghargai proses demokrasi di Mesir dan menghormati hasil pemilihan presiden itu," demikian petikan isi pernyataan kantor Netanyahu. "Israel berharap untuk melanjutkan kerja sama dengan Pemerintah Mesir berdasarkan perjanjian damai."

Sementara itu, di Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir, orang-orang merayakan terpilihnya Mursi dengan mengumbar tembakan ke udara. Jalur Gaza dikuasai gerakan Islam Palestina, Hamas, yang berakar pada Ikhwanul Muslimin dan berhubungan erat dengan kelompok itu.

Seorang pejabat senior Hamas, Mahmud Zahar, mengatakan kepada AFP, ketika warga bersorak dan melepaskan tembakan untuk merayakan kemenangan itu di jalan-jalan kota Gaza, kemenangan tersebut merupakan "momen bersejarah dan era baru dalam sejarah Mesir." Zahar menyebutkan kemenangan Mursi itu sebagai "sebuah kekalahan bagi program normalisasi dan kerja sama keamanan dengan musuh." Musuh yang dirujuk Zahar adalah Israel.

Otoritas Palestina juga mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Mesir. "Kami mengucapkan selamat kepada Doktor Mohamed Mursi, kandidat dari Ikhwanul Muslimin, atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Mesir," kata perunding Palestina, Saeb Erakat, kepada AFP.

Warga Palestina telah mengawasi secara ketat transisi pascapemberontakan rakyat di Mesir. Hamas memuji kemunculan sekutu tradisionalnya Ikhwanul Muslimin, yang juga memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan parlemen Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com