Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Akui Telah Menembak Pesawat Tempur Turki

Kompas.com - 22/06/2012, 23:54 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

ANKARA, KOMPAS.com -- Perdana Menteri Turki Tayyip Recep Erdogan mengatakan, Jumat (22/6/2012), bahwa Suriah mengakui telah menembak pesawat jet tempur F-4 milik Angkatan Udara Turki yang terbang di dekat perbatasan dengan Suriah.

Demikian dikabarkan BBC Monitoring, yang dikutip kantor berita Anatolia dan Reuters, Jumat malam.

Menurut Erdogan, pihak Suriah telah meminta maaf atas insiden tersebut. Meski demikian, laporan tersebut belum bisa dikonfirmasi secara langsung.

Sebelumnya, Erdogan juga dikutip mengatakan, dua pilot pesawat F-4 tersebut telah ditemukan dalam keadaan hidup di kawasan Laut Tengah. Sebelumnya, pihak Turki hanya melaporkan telah kehilangan kontak dengan salah satu jet tempurnya yang terbang di dekat perbatasan Suriah.

Situasi seputar insiden tersebut, seperti mengapa pesawat itu ditembak pasukan Suriah, masih belum diketahui secara pasti. Meski demikian, insiden ini dikhawatirkan bisa meningkatkan eskalasi ketegangan antara kedua negara yang sudah terganggu akibat gelombang kekerasan berkepanjangan di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com