Mengapa Sering Buang Air Kecil Tengah Malam?

Kompas.com - 21/06/2012, 11:00 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Sering kebelet pipis tengah malam, sehingga Anda harus ke kamar mandi sambil terkantuk-kantuk? Hal ini memang mengganggu, dan seringkali kita menyesali mengapa sebelum tidur terlalu banyak minum. Namun, Anda tak perlu gondok lama-lama. Karena dorongan untuk buang air kecil di tengah malam sebenarnya lebih berkaitan dengan gen-gen dalam tubuh kita.

Menurut para peneliti Jepang, sel-sel otot kandung kemih sering diatur oleh ritme sirkadian (ritme biologis dengan periode sekitar 24 jam), di mana siklus tidur dan bangun kita bisa dipengaruhi oleh gen-gen kita. Orang dengan ritme sirkadian yang normal biasanya jarang pipis pada malam hari, sehingga tubuh punya waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi tanpa gangguan. Namun orang yang ritme sirkadiannya abnormal, akan pipis pada malam hari sesering pada siang hari, demikian menurut penelitian yang diterbitkan di Natural Communications itu.

Kemudian ada protein tertentu, Cx43, yang ditemukan dalam sel-sel otot kandung kemih dan dikontrol oleh gen-gen kita, yang menentukan berapa banyak urin bisa ditahan oleh kandung kemih, dan seberapa sering Anda harus mengeluarkannya. Kadar Cx43 yang lebih rendah membuat kita harus pipis lebih sering tengah malam, sehingga membuat peneliti meyakini bahwa gen-gen kita lah yang "perlu disalahkan" ketika kita pipis pada pukul 02.00 atau 03.00 dini hari.

Namun menurut Beri Ridgeway, MD, seorang ahli uroginekologi di Cleveland Clinic, keinginan pipis tengah malam yang terjadi sekali-sekali atau bahkan setidaknya satu kali setiap malam tidak perlu dikhawatirkan. “Akan menjadi masalah ketika dorongan itu terjadi dua kali atau lebih setiap malam. Kondisi itu disebut nocturia. Kita bangun karena ada dorongan untuk buang air kecil, dan rasanya begitu kuat sehingga Anda tidak bisa tidur lagi sebelum Anda mengosongkan kandung kemih," jelasnya.

Nah, Anda tentu juga tahu bahwa menahan buang air kecil juga tidak disarankan, karena bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Selain itu, kekuatan dan kapasitas kandung kemih kita berubah seiring bertambahnya usia. Karena itu, Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan dorongan yang kuat untuk buang air kecil tengah malam itu. Bisa saja penyebabnya adalah sleep apnea (henti nafas saat tidur yang ditandai dengan mendengkur dan kantuk berlebihan), kantong kemih yang kecil, dan -lagi-lagi- gen-gen kita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.