Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mubarak Koma Setelah Alami Stroke

Kompas.com - 20/06/2012, 07:48 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak dalam kondisi koma dan menggunakan alat penunjang kehidupan setelah mengalami stroke di penjara, kata sumber-sumber militer dan kesehatan, seperti dikutip AFP, Rabu (20/6/2012). Mereka membantah laporan yang mengatakan bahwa Mubarak telah meninggal secara klinis.

Mubarak "tidak dalam kondisi meninggal secara klinis", kata seorang sumber kepada AFP. "Dia koma dan tim dokter berusaha mengembalikan kesadarannya. Dia kini menggunakan alat bantu pernapasan," lanjut sumber tersebut.

Sebelumnya, kantor berita Mesir MENA melaporkan, pemimpin terguling berusia 84 tahun itu dinyatakan meninggal secara klinis setelah mengalami stroke di penjara dan kemudian dilarikan ke rumah sakit. "Hosni Mubarak meninggal secara klinis," demikian laporan MENA.

"Sumber-sumber di (Kementerian) Kesehatan mengatakan kepada MENA bahwa jantungnya berhenti berdetak," kata MENA.

Laporan itu kemudian dilanjutkan oleh televisi Mesir yang menayangkan cuplikan-cuplikan gambar dan video tentang mantan presiden itu. Sementara itu, pembaca berita mengatakan, "Saya ingin menegaskan bahwa kantor berita resmi negara ini, MENA, telah mengumumkannya."

Mubarak dijebloskan ke penjara pada 2 Juni setelah pengadilan menjatuhkan vonis hukuman penjara seumur hidup. Dia dinyatakan terlibat dalam kematian para demonstran selama pemberontakan pada 2011 yang kemudian menggulingkannya dari kursi kekuasaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com