Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilau LED Sambut Olimpiade 2012

Kompas.com - 19/06/2012, 14:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu daya pikat Olimpiade 2012 di London, Inggris, pada Juli nanti adalah gemerlap cahaya lampu di malam hari. Khususnya di London Tower Bridge dan lambang kota London, Big Ben, akan dipenuhi cahaya bak kilauan berlian.

Tahun ini, kontribusi pencahayaan kota London menyambut Olimpiade 2012 salah satunya datang dari GE (General Electric) dengan Light Emitting Diode (LED). Tim desainer pencahayaan dan listrik GE telah menghabiskan waktu 6 bulan terakhir merangkak di tepian granit dan rantai suspensi baja dari London Tower Bridge, merangkai lampu linier LED hemat energi sepanjang 6.500 kaki. Tim tersebut juga memasang 1.800 lampu LED dan 1.000 kotak penyambung dengan kabel sepanjang 16.500 kaki.

Pada Rabu (30/5/2012) malam lalu, Walikota London Boris Johnson telah menyalakan lampu untuk merayakan sang Ratu Berlian Jubilee. Jembatan tersebut telah bersinar seperti kilau berlian putih sepanjang akhir pekan untuk perayaan kerajaan Inggris.

Tetapi, pertunjukan cahaya tersebut hanya sebuah permulaan. Selanjutnya, selama 45 hari berlangsungnya Olimpiade 2012 dan Paralimpiade diselenggarakan di ibukota Inggris musim panas nanti, jembatan akan menampilkan cincin olimpiade raksasa dan simbol Agitos Paralimpiade.

Sistem pencahayaan yang baru tersebut menggunakan sistem arsitektur GE LED dan akan tetap berlaku selama 25 tahun ke depan. Lampu-lampu tersebut menggantikan seperempat abad dari sistem lama dan akan mengurangi konsumsi energi sebanyak 40 %.

Sebuah perusahaan Perancis, Citelum, yang desain pencahayaannya telah menerangi Menara Eiffel, Katedral Notre Dame di Paris dan Lembah Para Raja di Mesir, juga ikut menata pencahayaan untuk kegiatan olahraga dunia tersebut. Teknologi GE LED ini memungkinkan Citelum memadupadankan berbagai nuansa warna dengan intensitas bervariasi.

Lampu-lampu tersebut nantinya akan diadaptasikan dengan heat formed untuk menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan arsitektur dan meningkatkan cahaya untuk menara Gothic Victoria, menara-menara batu dan jalan-jalan setapak di London. Hal inilah yang akan membuat jembatan berusia 117 tahun tersebut menjadi salah satu pemandangan dunia paling menarik.

Untuk kebutuhan itu, GE mengklaim, pencahayaan lampu LED untuk London Tower Bridge akan 40 % lebih hemat energi dan efisien daripada sistem pencahayaan terdahulunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com