Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romania Berburu F-16 Bekas Sebelum Membeli F-35

Kompas.com - 15/06/2012, 12:24 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BUCHAREST, KOMPAS.com - Romania berniat membeli sejumlah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon bekas pakai untuk mengisi sementara kekuatan angkatan udaranya sebelum membeli pesawat tempur generasi kelima, 20 tahun mendatang. Dua negara, yakni Portugal dan Belanda, telah menawarkan armada F-16 mereka kepada Romania.

Demikian terungkap dalam laporan di majalah pertahanan IHS Jane's Defence Weekly  (JDW) edisi 6 Juni 2012. Akhir Mei lalu, Menteri Pertahanan Romania Cornel Dobritoiu menyatakan, sebuah tim spesialis Kementerian Pertahanan Romania akan berkunjung ke Belanda dan Portugal untuk mengevaluasi tawaran F-16 tersebut. Tujuan utama tim ini adalah untuk memeriksa kondisi teknis pesawat dan memperhitungkan harga pesawat-pesawat bekas itu apakah sesuai dengan kemampuan finansial Romania.

Menurut Dobritoiu, Romania tak memiliki dana cukup untuk membeli pesawat tempur baru saat ini. "Usaha kami saat ini adalah mencari pesawat-pesawat F-16 bekas, untuk melihat apakah kami mampu membeli dan meng-upgrade pesawat-pesawat itu," tutur Menhan Romania itu. Menurut dia, Romania harus segera membuat keputusan, karena armada pesawat MiG-21 Lancer (versi MiG-21 yang dimodifikasi khusus untuk AU Romania) telah habis umur pakainya.

Romania adalah salah satu negara Blok Timur pada era Perang Dingin, sebelum kemudian bergabung dengan NATO dan Uni Eropa. Dobritoiu menambahkan, tujuan strategis Romania adalah memiliki pesawat-pesawat jet tempur generasi kelima dalam waktu 20 tahun mendatang. Romania bercita-cita memiliki pesawat tempur F-35 Lightning II buatan Lockheed Martin, AS.

"Itu artinya, transisi dari MiG-21 ke pesawat jet tempur generasi kelima itu harus dilakukan dengan biaya minimum. Kami tak punya dana untuk membeli pesawat baru. Itu sebabnya kami berencana mengisi fase transisi ini dengan membeli F-16 bekas," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com