Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan "Drone" Tewaskan Tiga Milisi Taliban

Kompas.com - 14/06/2012, 13:47 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

MIRANSHAH, KOMPAS.com - Drone, pesawat tak berawak Amerika Serikat, kembali meluncurkan serangan rudal di pusat perbelanjaan Miranshah, di utara Waziristan, Pakistan, dekat perbatasan Afganistan, Kamis (14/6/2012). Serangan itu menyebabkan tiga tentara milisi Taliban dan Al Qaeda tewas.

"Drone menambakkan dua rudal ke lantai satu sebuah toko dan menewaskan tiga tentara milisi," kata seorang polisi senior setempat. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi apakah ada korban lain akibat serangan itu. Otoritas setempat dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) juga belum menyebut apakah serangan itu menargetkan tokoh Taliban dan Al Qaeda.

"Ketika rudal pertama diluncurkan dan menghancurkan bangunan itu, saya mendengar tangisan dan teriakan meminta tolong, tetapi tentara milisi meminta saya tidak mendekat. Ketika para milisi itu bergerak, rudal kedua menghantam mereka," kata seorang saksi mata warga setempat. Saksi mata tersebut juga melihat sejumlah milisi yang selamat membawa tiga mayat yang hangus. Mereka meletakkannya di kotak kayu kemudian pergi meninggalkan lokasi.

Serangan yang sama diluncurkan AS pada 4 Juni lalu di North Waziristan. Dalam serangan itu, 15 tentara milisi tewas, termasuk Abu Yahya al-Libi, ahli propaganda dan operasi serangan Al Qaeda.

Sumber: AFP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com