Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Siarkan Video Mendiang Libi

Kompas.com - 14/06/2012, 07:15 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Video baru menampilkan orang kedua Al Qaeda Abu Yahya Libi, yang disebut Amerika Serikat tewas pada pekan lalu akibat serangan pesawat tak berawak di Pakistan, disiarkan di dunia maya pada Selasa, kata layanan pemantau.

Baik Layanan Pemantauan SITE maupun IntelCenter, yang mengawasi laman pejuang, menyatakan tidak jelas kapan video itu dibuat.
SITE, yang berpusat di Amerika Serikat, menyatakan tanggal pembuatan video itu hanya mengisyaratkan dibuat oleh sayap media Al Qaeda As-Sahab beberapa waktu setelah November 2011.

Dalam video itu, sosok kharismatik Al Qaeda itu mengecam Presiden Suriah Bashar al-Assad dengan menyebutnya lalim dan menuding pemerintahnya penguasa jahat, kata terjemahan SITE.

Ia mendesak rakyat Suriah terus bertempur dan menyeru pejuang di Irak, Yordania dan Turki bangkit membantu saudara mereka dan berkorban untuk mereka. Libi juga menuduh Barat dan petugas pembantunya asisten terlibat dalam kejahatan penguasa Assad.

SITE menyatakan siaran pesan itu menyertai video mengacu pada Libi dengan gelar kehormatan biasa dipakai untuk yang hidup. IntelCenter mengatakan, "Tidak diketahui kelompok pelansir video tokoh kunci, yang difilmkan sebelum kematian mereka, tapi belum disiarkan."

Tindakan keras pemerintah Assad terhadap pemberontakan rakyat dimulai pada Maret 2011, sebelum kemungkinan kematian Libi akibat serangan pesawat tak berawak di wilayah tanpa hukum Pakistan, Waziristan Utara, kubu Taliban dan Al Qaeda.

Amerika Serikat pada pekan lalu menyatakan Libi tewas, yang menjadi pukulan paling berat bagi kelompok itu sejak pembunuhan Osama bin Laden pada Mei 2011.

Pejabat menolak memastikan kematian Libi, tapi pihak berwenang Pakistan sebelumnya berbicara tentang serangan pesawat nirawak CIA sebelum subuh pada perumahan di Waziristan Utara, di dekat perbatasan Afghanistan.

Sebagai pembantu tepercaya Osama bin Laden, Libi muncul dalam banyak video Al Qaeda dan dianggap sebagai kepala perancang mesin propaganda dunianya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com