Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Batasi Serangan Udara ke Kawasan Permukiman

Kompas.com - 12/06/2012, 14:13 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KABUL, KOMPAS.com- Koalisi tentara Amerika Serikat di Afganistan, Selasa (12/6/2012), berkomitmen membatasi serangan udara ke kawasan permukiman penduduk. Kebijakan itu muncul menyusul kematian 18 warga sipil dalam serangan pesawat tak berawak pada pekan lalu.

Juru bicara Koalisi Tentara AS Letnan Kolonel Jimmie Cummings, mengatakan, selama ini pesawat pengintai dipersenjatai untuk menyelamatkan tentara yang terjebak dalam suatu pertempuran. "Kami tetap akan meneruskan operasi perlawanan terhadap pemberontak yang bersembunyi di rumah-rumah warga sipil, tetapi tidak dengan mengutamakan serangan udara," kata Cummings.

Meskipun begitu, Cummings menambahkan, komandan pasukan angkatan darat dapat meminta bantuan serangan pesawat apabila posisi benar-benar terdesak dan demi menyelamatkan pasukannya. Namun, dia harus memastikan tidak ada warga sipil yang berada di lokasi atau di permukiman.

Presiden Afganistan Hamid Karzai berang kepada tentara AS atas serangan udara yang menewaskan 18 warga sipil. Dia meminta AS mengkonsultasikan kepada Pemerintah Afganistan jika akan melakukan serangan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com