Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al-Shabaab: Tangkap Obama, Hadiahnya 10 Unta

Kompas.com - 10/06/2012, 17:24 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com - Amerika Serikat menyediakan hadiah jutaan dollar AS bagi pemberi informasi yang membuahkan penangkapan teroris-teroris paling dicari di dunia. Kelompok militan Somalia Al Shabaab membalasnya dengan menyediakan unta untuk para pejabat tinggi AS, CNN melaporkan, Sabtu (9/6/2012).

Al-Shabaab menyiapkan hadiah 10 ekor unta bagi informasi tentang keberadaan Presiden Barack Obama dan dua unta untuk Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

Sebuah pesan audio yang diunggah di situs web kelompok jihad, yang diduga Al-Shabaab, membacakan berita tentang AS, melalui program Hadiah untuk Keadilan, yang menyediakan hadiah sebesar jutaan dollar AS untuk informasi tentang tujuh anggota kunci Al-Shabaab.

Yang berbicara dalam pesan suara itu mengaku sebagai Fuad Mohamed Khalaf, yang dianggap oleh Departemen Luar Negeri AS sebagai penyandang dana terbesar Al-Shabaab. AS sendiri menyediakan hadiah sebesar 5 juta dollar AS untuk informasi tentang keberadaannya.

"Siapapun yang bisa memberi informasi pada para mujahidin tentang keberadaan si kafir Obama dan nyonya Bill Clinton, seorang perempuan bernama Hillary Clinton, saya akan memberinya hadiah," ucap lelaki dalam pesan suara itu.

Sebuah penelitian oleh Universitas Galkayo, tentang dampak kekeringan yang melanda Somalia, menyebut harga rata-rata seekor unta di Somalia adalah 700 dollar AS.

CNN tidak bisa memverifikasi otentisitas rekaman suara yang diduga dicuplik dari pidato Khalaf di hadapan pengikutnya di Kota Merca.

Program Hadiah untuk Keadilan yang diluncurkan Deplu AS menawarkan 7 juta dollar AS untuk informasi tentang lokasi Ahmed Abdi Aw-Mohamed, pendiri kelompok militan Somalia itu.

Tahun ini, Aw-Mohamed dan pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri, merilis sebuah video berisi pernyataan bersama keduanya tentang penyatuan dua organisasi tersebut.

Saat mengumumkan hadiah soal Aw-Mohamed dan rekan-rekannya, Kamis (7/6/2012), Deplu AS menyebut Al-Shabaab sebagai "ancaman bagi stabilitas Asia Timur dan kepentingan keamanan nasional Amerika Serikat."

Deplu AS juga menawarkan hadiah hingga 5 juta dollar AS untuk informasi yang membuahkan penangkapan empat rekan Aw-Mohamed, termasuk Khalaf. Juga menawarkan hadiah, masing-masing 3 juta dollar AS, untuk dua pemimpin lain Al-Shabaab.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com