Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Penerbangan China Tumbuh Pesat

Kompas.com - 10/06/2012, 10:47 WIB
Hermas Effendi Prabowo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Bisnis jasa penerbangan China mengalami pertumbuhan pesat. Tren pertumbuhannya akan terus meningkat sampai tahun-tahun mendatang. Kemajuan industri penerbangan China tampak dari peningkatan volume penumpang dan kemudahan layanan.

Direktur Jenderal dan CEO Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (IATA), Tony Tyler, dalam keterangannya yang diterima Kompas, Minggu (10/6/2012) ini di Beijing, China, menyebutkan, dalam 10 tahun terakhir pertumbuhan bisnis penerbangan China maju pesat.

Bila pada 2002 Bandara Internasional Baijing Capital melayani 27,2 juta penumpang dan menduduki peringkat ke 26 dunia, tahun 2011 melonjak melayani 77,4 juta penumpang, dan melonjak ke peringkat ke 2.

Tony mengatakan, China saat ini merupakan pemain kunci dalam penerbangan dunia. Tahun lalu, maskapai penerbangan China berhasil mencatatkan separuh dari keuntungan bersih dari industri penerbangan global.

Pembangunan infrastruktur penerbangan dalam skala besar di China tak pernah terjadi sebelumnya. Dengan merencanakan pembangunan 70 bandara baru dalam periode 2011 sampai 2015. China merupakan penjual tiket pesawat terbesar, dan negara pertama di dunia yang mengkonvert 100 persen e-ticketing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com