Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitude Guncang Taiwan

Kompas.com - 10/06/2012, 05:53 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

TAIWAN, Kompas.com - Gempe bumi berkekuatan 6,0 magnitude mengguncang Taiwan pada Minggu (10/6/2012) dini hari. Demikian pernyataan seismolog Amerika Serikat. Tetapi tidak ada peringatan tsunami.

US Geological Survey mengatakan, gempa tersebut memiliki kedalaman 70 kilometer (40 mil) dan terjadi sekitar pukul 05.00 pagi, dengan jarak sekitar 50 kilometer timur Su-ao di daerah Yilan timur laut.

Pusat Seismologi Taiwan mencatat, guncangan gempa yang juga dirasakan di Taiwan dan seluruh pulau itu pada 6,5 skala Richter. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tidak mengeluarkan peringatan.

Tak ada laporan mengenai kerusakan ataupun cedera. Badan Pemadam Kebakaran Nasional mengatakan bahwa sejauh ini semuanya baik-baik saja.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan secara teratur terkena gempa bumi. Pada bulan September 1999, sebuah gempa pada 7,6 skala Richter menewaskan sekitar 2.400 orang, dan merupakan bencana alam terburuk dalam sejarah Taiwan.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X