Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Dewan Tampar Rekannya di Acara Televisi

Kompas.com - 08/06/2012, 10:57 WIB

ATHENA, KOMPAS.com — Polisi Yunani memburu seorang anggota parlemen Ilias Saidiaris, setelah dia menampari seorang politisi lain dalam sebuah acara televisi.

Kasidiaris, juru bicara Partai Golden Dawn sekaligus anggota parlemen, tiga kali menampar anggota parlemen lain dari Partai Komunis, Liana Kanelli, dalam sebuah debat televisi yang disiarkan secara langsung pada Kamis (7/6/2012) pagi. Athens News menyebut peristiwa itu "kejadian yang mengejutkan dan tidak diduga".

Video dari acara itu menunjukkan sebuah perdebatan yang memanas antara sejumlah anggota parlemen.

Awalnya Kasidiaris menyiramkan segelas air ke arah Rena Dourou, anggota koalisi sayap kiri SYRIZA. Ketika Kanelli berdiri untuk memprotes tindakan itu, Kasidiaris langsung menyerang perempuan anggota parlemen itu.

Pembawa acara debat itu pun segera menarik Kasidiaris dan kamera dengan cepat mengambil gambar ke arah lain.

Menurut Athens News, Kasidiaris juga menyerang sejumlah orang lain di studio sebelum meninggalkan gedung televisi itu. Polisi pun mengeluarkan surat perintah penahanannya.

Menurut BBC, kericuhan itu dimulai ketika Dourou mengungkit dugaan keterlibatan Kasidiaris dalam perampokan bersenjata pada 2007. Untuk kasus itu, Kasidiaris dijadwalkan segera diadili.

Kasidiaris dan Kanelli juga saling mengejek dalam debat tentang sejarah politik Yunani, menurut AP.

Pernyataan dari Golden Dawn menyebut Kanelli yang lebih dulu menghantam anggotanya itu tanpa diprovokasi sebelumnya.

Sementara itu, SYRIZA mengatakan, insiden itu mengungkap "jati diri" Golden Dawn, yang digambarkan sebagai "organisasi kriminal".

Golden Dawn, partai sayap kanan, masuk parlemen Yunani untuk pertama kali setelah pemilihan umum bulan lalu. Partai ini mengusung platform anti-imigrasi dan kebijakan nasionalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com