Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan: AS Kehilangan Kesabaran dengan Pakistan

Kompas.com - 08/06/2012, 08:04 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Washington kehilangan kesabaran dengan Pakistan karena negara itu diduga menjadi tempat persembunyian yang aman bagi militan Taliban, kata Menteri Pertahanan AS Leon Panetta.

Dalam kunjungan mendadak ke Kabul, ia mengatakan Islamabad harus bertindak keras terhadap jaringan militan Haqqani, yang menyerang pasukan NATO di Afganistan.

Panetta tiba di kota itu satu hari pasca serangan mematikan di Afganistan selatan untuk membahas eskalasi serangan militan.

Pakistan menyangkal tuduhan bahwa mereka memberikan perlindungan bagi kelompok-kelompok militan.

"Kami sudah mencapai batas akhir kesabaran di sini," kata Panetta sesudah pembicaraan dengan menteri pertahanan Afganistan.

Ia secara spesifik menyebut jaringan militan Haqqani, yang diyakini berbasis di wilayah barat laut Pakistan, dan dituduh sebagai pelaku berbagai serangan nekad di Afganistan dalam beberapa tahun terakhir.

Panetta berada di Kabul untuk berbicara dengan para pimpinan militer di tengah meningkatnya serangan kelompok pemberontak.

Pada hari Rabu (06/06) serangan bom bunuh diri menewaskan lebih dari 20 orang warga sipil di dekat markas Nato di Kandahar dan pejabat Afganistan mengatakan 18 warga sipil tewas dalam serangan udara Nato di provinsi Logar.

Bertambah tegang

Selama bertahun-tahun Washington mendesak Islamabad untuk mengatasi militan di wilayah mereka, terutama jaringan Haqqani. Hubungan antara Washington dan Islamabad bertambah tegang menyusul serangan AS ke Pakistan untuk membunuh Osama bin Laden Mei tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com