Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Kerukunan Beragama Ada di Ambon

Kompas.com - 08/06/2012, 06:44 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Suryadharma Ali mengungkapkan rasa kagumnya terhadap pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran XXIV tingkat nasional di Kota Ambon. Ia bahkan mengakui, potret kerukunan antarumat beragama ada di Kota Ambon.

"Kalau saya jujur mau katakan, potret kerukunan antarumat beragama ada di Ambon. Saya lihat sendiri warga begitu antusias dalam menyukseskan MTQ Nasional di daerahnya," ungkap Menag di Ruang Ketua DPRD Maluku, Kamis (7/6/2012).

Dia mengatakan, walaupun ada pihak-pihak yang sengaja menginginkan Indonesia khususnya Kota Ambon terus bergejolak, tetapi masyarakat Kota Ambon tidak mau terjebak dan termakan dengan isu-isu provokatif tersebut.

"Saya jujur menyatakan hal ini karena masyarakat Kota Ambon memiliki kebersamaan dalam mendukung jalannya MTQ dan melawan pihak-pihak yang menginginkan Kota Ambon kacau, dan hal ini perlu diberikan jempol," ungkapnya.

Ia mengakui, masih ada pihak-pihak yang bertujuan mengganggu kerukunan antarumat beragama melalui pintu-pintu agama. Namun, hal itu sama sekali tidak memengaruhi kerukunan antarumat beragama di Maluku.

"Kebersamaan dan toleransi di Kota Ambon patut menjadi contoh bagi provinsi yang ada di Indonesia," ujarnya.

Ia berharap momentum MTQ di Kota Ambon dapat meneguhkan kembali masyarakat Indonesia bahwa kerukunan itu sesungguhnya masih ada dan tertanam di sanubari setiap anak bangsa.

"Kita harus tepis stigma bahwa kerukunan umat beragama di Indonesia itu jelek. Saya kira contoh kerukunan itu ada Ambon," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com