Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Xinjiang Cederai 17 Orang

Kompas.com - 07/06/2012, 13:06 WIB

Sebuah ledakan di sebuah sekolah agama di Provinsi Xinjiang, China mencederai 17 orang, termasuk 12 orang anak-anak. Harian pemerintah China melaporkan ledakan itu terjadi saat kepolisian China melakukan penggerebekan di sebuah sekolah 'ilegal' di kota Hotan.

Pemerintah setempat mengatakan penggerebekan dilakukan setelah kepolisian menerima laporan sejumlah orangtua yang menyatakan anak-anak mereka disekap di pusat pendidikan Al Quran di kota itu.

Lokasi penyekapan anak-anak itu berada di lantai lima sebuah bangunan permukiman penduduk.

"Saat polisi tiba di lokasi, tersangka penyekap menyalakan sebuah bom rakitan yang memancarkan api," kata Kepala Kantor Informasi Regional, Hou Hanming.

Sementara itu Kongres Uighur Dunia, sebuah organisasi masyarakat Uighur di Jerman mengatakan kedua pihak terlibat dalam bentrokan di sekolah itu.

"Pemerintah menggunakan gas air mata yang mencederai kedua pihak," kata juru bicara Kongres Uighur Dunia, Dilxar Raxit kepada BBC.

Pemerintah China menyatakan polisi berhasil menyelamatkan 54 anak-anak. Sementara mereka yang luka diklaim hanya mengalami luka bakar ringan.

Permasalahan Uighur

Lebih dari separuh penduduk Provinsi Xinjiang adalah etnis Uighur, kelompok masyarakat beragama Islam dan menggunakan bahasa rumpun Turki dan memiliki ikatan etnis dengan Asia Tengah.

Provinsi ini bergolak karena penduduk Uighur merasa diperlakukan sebagai etnis kelas dua dibanding dengan warga China. Namun, pemerintah China mengatakan negeri itu menghadapi ancaman organisasi teroris Islam radikal di provinsi tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com