Pelajar Korut Bersumpah Setia pada Kim Jong Un

Kompas.com - 07/06/2012, 11:00 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com — Dengan air mata berlinang, puluhan ribu anak Korea Utara bersumpah setia kepada pemimpin mereka, Kim Jong Un, dan akan menjadi "tentara muda yang setia", seperti dilansir AFP, Kamis (7/6/2012).

Para Rabu (6/6/2012), sekitar 45.000 siswa, 20.000 orang di antaranya dari seluruh penjuru Korea Utara, berkumpul di Pyongyang untuk memperingati hari jadi ke-64 Serikat Anak-anak Korea dan untuk menyatakan kesetiaan kepada Kim Jong Un, kantor berita Korut KCNA dan televisi pemerintah melaporkan.

Stadion Kim Il Sung dipenuhi "sorak-sorai dan seruan anak-anak yang ingin menjadi anak Kim Jong Un yang setia", kata pembawa berita televisi Korut.

Cuplikan tayangan televisi menunjukkan sebuah stadion raksasa yang penuh dengan anak-anak yang serempak bertepuk tangan dan berseru "Hidup Jong Un!" Banyak dari mereka yang menangis karena terharu.

"Satu-satunya harapan terbesar kami adalah Jenderal Kim Jong Un selalu sehat," kata pemimpin pelajar dalam pidatonya, yang kemudian disambut sorak-sorai semua yang ada di stadion.

"Kami adalah anak-anak Pemimpin Besar Kim Jong Un!" seru anak-anak itu.

Spanduk-spanduk besar dibentangkan di stadion raksasa itu. Bunyi tulisannya, "Terima kasih Jenderal Kim Jong Un yang terhormat" dan "Marilah kita menjadi laskar muda yang setia kepada Jenderal Kim Jong Un yang terhormat."

Pada peristiwa inilah untuk kali kedua Kim Jong Un berpidato yang disiarkan secara langsung oleh televisi pemerintah. Sejumlah petinggi negara tampak hadir, seperti pamannya Jang Song Thaek, panglima angkatan perang Ri Yong Ho, dan pemimpin pemerintahan Kim Yong Nam.

"Kalian adalah generasi muda yang terhormat, yang besar di bawah pemeliharaan pemimpin besar Kim Jong Il dan Kim Il Sung," kata Jong Un dalam sambutannya.

"Ini adalah kehormatan terbesar... kalian harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menjadi pekerja revolusioner yang kompeten demi terwujudnya negara yang kuat dan sejahtera," serunya.

Pidato Kim Jong Un selalu disambut dengan seruan "Mansei!" (hidup) oleh anak-anak yang juga tidak henti menghapus air mata. Di akhir upacara, mereka berbaris melewati sang pemimpin muda itu sambil memberi tanda hormat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.