Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Korut Bersumpah Setia pada Kim Jong Un

Kompas.com - 07/06/2012, 11:00 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Dengan air mata berlinang, puluhan ribu anak Korea Utara bersumpah setia kepada pemimpin mereka, Kim Jong Un, dan akan menjadi "tentara muda yang setia", seperti dilansir AFP, Kamis (7/6/2012).

Para Rabu (6/6/2012), sekitar 45.000 siswa, 20.000 orang di antaranya dari seluruh penjuru Korea Utara, berkumpul di Pyongyang untuk memperingati hari jadi ke-64 Serikat Anak-anak Korea dan untuk menyatakan kesetiaan kepada Kim Jong Un, kantor berita Korut KCNA dan televisi pemerintah melaporkan.

Stadion Kim Il Sung dipenuhi "sorak-sorai dan seruan anak-anak yang ingin menjadi anak Kim Jong Un yang setia", kata pembawa berita televisi Korut.

Cuplikan tayangan televisi menunjukkan sebuah stadion raksasa yang penuh dengan anak-anak yang serempak bertepuk tangan dan berseru "Hidup Jong Un!" Banyak dari mereka yang menangis karena terharu.

"Satu-satunya harapan terbesar kami adalah Jenderal Kim Jong Un selalu sehat," kata pemimpin pelajar dalam pidatonya, yang kemudian disambut sorak-sorai semua yang ada di stadion.

"Kami adalah anak-anak Pemimpin Besar Kim Jong Un!" seru anak-anak itu.

Spanduk-spanduk besar dibentangkan di stadion raksasa itu. Bunyi tulisannya, "Terima kasih Jenderal Kim Jong Un yang terhormat" dan "Marilah kita menjadi laskar muda yang setia kepada Jenderal Kim Jong Un yang terhormat."

Pada peristiwa inilah untuk kali kedua Kim Jong Un berpidato yang disiarkan secara langsung oleh televisi pemerintah. Sejumlah petinggi negara tampak hadir, seperti pamannya Jang Song Thaek, panglima angkatan perang Ri Yong Ho, dan pemimpin pemerintahan Kim Yong Nam.

"Kalian adalah generasi muda yang terhormat, yang besar di bawah pemeliharaan pemimpin besar Kim Jong Il dan Kim Il Sung," kata Jong Un dalam sambutannya.

"Ini adalah kehormatan terbesar... kalian harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menjadi pekerja revolusioner yang kompeten demi terwujudnya negara yang kuat dan sejahtera," serunya.

Pidato Kim Jong Un selalu disambut dengan seruan "Mansei!" (hidup) oleh anak-anak yang juga tidak henti menghapus air mata. Di akhir upacara, mereka berbaris melewati sang pemimpin muda itu sambil memberi tanda hormat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com