Militer AS Minta Akses Pelabuhan di Vietnam

Kompas.com - 03/06/2012, 20:30 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

CAM RANH BAY, KOMPAS.com — Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta menyebut lokasi pelabuhan yang pernah mereka pakai untuk pangkalan militer di masa Perang Vietnam, pelabuhan Teluk Cam Ranh, bisa dipakai kembali untuk mendukung peran militernya di kawasan Asia Pasifik.

Pernyataan itu disampaikan Panetta, Minggu (3/6/2012), saat berkunjung ke Vietnam. Kunjungan itu sekaligus menjadi simbol kuat upaya Washington memperdalam kembali ikatan dengan negara bekas musuhnya itu, terutama untuk menyaingi pengaruh China di kawasan.

"Akses bagi kapal-kapal Angkatan Laut AS di fasilitas pelabuhan ini bisa menjadi komponen kunci. Kami juga melihat pelabuhan itu sebagai sebuah potensi yang teramat besar," kata Panetta di atas geladak kapal kargo AL AS, USNS Richard E Byrd, yang tengah sandar di pelabuhan itu.

Panetta menegaskan, keberadaan pelabuhan di Teluk Cam Ranh itu sangatlah penting dalam pergerakan kapal-kapal perang AS dari pelabuhan mereka di Pantai Barat dan pangkalan-pangkalan mereka di kawasan Pasifik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.