Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15.000 Petugas Amankan Sidang Vonis Mubarak

Kompas.com - 02/06/2012, 14:20 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Sebanyak 15.000 aparat keamanan dari kepolisian dan militer Mesir mengamankan pengadilan mantan Presiden Hosni Mubarak di ibu kota Mesir, Kairo, Sabtu (2/6/2012).

"Lebih 15.000 personel dari kepolisian dan militer dikerahkan untuk mengamankan jalannya pengadilan ini," kata Kepala Satuan Pengaman Kepolisian Kairo Timur, Mohsin Amr.

Pasukan aparat keamanan didukung puluhan panser polisi antihuru-hara tampak melakukan pagar betis di depan Akademi Kepolisian di Kairo Timur, tempat pengadilan Mubarak.

Agenda pengadilan bersejarah Mubarak, yang dijuluki sebagai "pengadilan abad ini", dipimpin hakim ketua Ahmed Rifaat yang akan membacakan vonis atas dakwaan pembunuhan demonstran dalam revolusi 18 hari pada awal tahun lalu.

Mubarak diadili bersama dua putrinya, Alaa dan Gamal, serta mantan Menteri Dalam Negeri Habib Al Adly, enam mantan pejabat kepolisian, dan in absentia pengusaha Hosam Salem, yang kini buron di Spanyol.

Pengadilan dijadwalkan dimulai pukul 10.00 waktu setempat atau 15.00 WIB. Sidang ini terbuka untuk umum.

Saat berita ini dikirim, Mubarak belum tiba di pengadilan. Biasanya Mubarak dibawa ke pengadilan dengan helikopter dari Rumah Sakit Markaz At Tibbi, tempat ia terbaring sakit.

Media massa setempat melaporkan, kondisi Mubarak cukup baik kendati ia kurang bergairah untuk menyantap makanan. Ratusan keluarga korban mulai tampak memadati pengadilan tersebut di kawasan elite Kairo Timur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com