Puncak Peringatan Berlian Dimulai

Kompas.com - 02/06/2012, 02:18 WIB
Editor

London, Jumat - Rangkaian acara puncak Peringatan Berlian untuk memperingati 60 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta di Inggris dimulai hari Sabtu (2/6) ini. Selama empat hari hingga Selasa pekan depan, yang ditetapkan sebagai hari libur nasional di Inggris, jutaan orang diharapkan akan menghadiri berbagai acara yang sudah disiapkan.

Hari ini, Ratu Elizabeth akan memulai rangkaian acara puncak peringatan dengan menyaksikan balapan kuda Epsom Derby. Keesokan harinya, Elizabeth dan suaminya, Pangeran Philip, dan anggota keluarga Kerajaan Inggris akan menyaksikan parade 1.000 perahu di Sungai Thames, London.

Acara pawai perahu ini diduga akan dihadiri sekitar satu juta penonton.

Hari Senin, nama-nama legendaris musik pop Inggris, seperti Paul McCartney dan Elton John, akan turut mengisi konser yang digelar di dekat Istana Buckingham. Pada hari yang sama, sekitar 4.200 lampu suar akan dinyalakan di seluruh Inggris dan negara-negara Persemakmuran.

Pemuncak Peringatan Berlian akan terjadi Selasa, dengan sebuah upacara peringatan di Katedral St Paul, dilanjutkan prosesi iring-iringan kereta kencana kerajaan di pusat London. Pesawat-pesawat Angkatan Udara Inggris (Royal Air Force) juga akan melakukan terbang lintas di atas London.

Di pengujung acara, Ratu Elizabeth II akan berdiri di balkon Istana Buckingham untuk menyapa ribuan hadirin.

Pesta pribadi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain rangkaian pesta kenegaraan itu, pesta Peringatan Berlian juga digelar secara pribadi di seluruh Inggris. Asosiasi Biro Perjalanan Inggris (ABTA) memperkirakan tak kurang dari 9.500 pesta pribadi yang melibatkan 2,5 juta orang akan ada di seluruh Inggris dan Wales.

Berbagai suvenir dan benda-benda bertema ratu, kerajaan, dan Inggris laku keras. Jaringan supermarket Tesco berharap bisa menjual hingga 2,86 juta lembar bendera sepanjang akhir pekan ini. Sementara pesaingnya, Sainsbury, mengaku telah menjual rangkaian bendera kecil sepanjang total 405,55 kilometer.

”Ini adalah perayaan semua yang telah ia (Elizabeth) capai selama 60 tahun, dan ini juga merupakan perayaan institusi Ratu Inggris. Secara informal, ini juga sebuah perayaan identitas dan kebanggaan nasional,” tutur penulis Robert Jobson.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.