Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Desak Uni Eropa Tidak Intervensi Suriah

Kompas.com - 01/06/2012, 09:08 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia berharap negara-negara Eropa tidak akan mengizinkan intervensi militer di Suriah, kata utusan Rusia untuk Uni Eropa, Kamis (31/5/2012).

"Saya berharap para pemimpin Eropa dan lainnya cukup tenang dan mampu untuk memperkirakan situasi tenang, tidak mengikuti jalan  berbahaya yang memompa ketegangan, apalagi intervensi militer," kata Vladimir Chizhov saat konferensi jaringan video Brussels-Moskow.

Diplomat itu mencatat, Uni Eropa sejauh ini tidak menganjurkan intervensi militer atau mengusir diplomat Suriah dari Brussels.

Ia juga menekankan, Rusia mendukung dialog antar-Suriah dan tidak akan terlibat dalam konflik di negara Timur Tengah. "Kami membela hak internasional dan kemungkinan bagi Suriah untuk memutuskan masa depan negara mereka dalam lingkungan yang normal, (sementara) pengaruh Barat (oposisi Suriah) tidak cukup kuat," tutur Chizhov.

Amerika Serikat dan beberapa sekutu utamanya mengusir para diplomat Suriah pada Selasa dalam satu langkah untuk meningkatkan tekanan terhadap Damaskus setelah pembunuhan massal pekan lalu di Desa Houla, Suriah.

Lebih dari 100 orang tewas dalam serangan itu, yang negara-negara Barat salahkan kepada pihak militer Suriah. Namun, Damaskus menegaskan, serangan itu dilakukan oleh "kelompok bersenjata".

Presiden Dewan Eropa Herman Van Rompuy, Kamis, mengatakan bahwa Uni Eropa akan terus mengenakan sanksi terhadap Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com