Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Pertanian Dilirik di WEF

Kompas.com - 31/05/2012, 16:36 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com- Lima perusahaan mengutarakan ketertarikannya untuk mengembangkan investasi pertanian di Indonesia. Kelima perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan produk olahan kelapa sawit, pengembangan benih kelapa sawit, dan pestisida ramah lingkungan.

Ketertarikan itu disampaikan investor dalam Forum Ekonomi Dunia atau WEF, di Bangkok. "Mereka tertarik masuk ke Indonesia. Kami menyambut baik karena saat ini kami memang butuh industri pengolah hasil pertanian. Untuk CPO misalnya, selama banyak diekspor dalam kondisi mentah," kata Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan di Bangkok, Kamis (31/5/2012) seperti dilaporkan wartawan Kompas Eny Prihtiyani dari Bangkok.

Dia mengatakan, untuk tawaran benih kelapa sawit, momentumnya sangat tepat karena saat ini sebagian besar tanaman sawit harus diremajakan. "Petani butuh benih yang bagus agar produktivitasnya tinggi. Kami pemerintah harus mampu mengadakan benih dengan mutu dan kualitas terjamin," ujarnya.

Dia menambahkan, meski banyak investor banyak yang tertarik masuk ke Indonesia, pemerintah tetap memberikan rambu-rambu. "Jangan sampai investasi itu menjadikan petani obyek dan merugikan mereka," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com