Global Terkoreksi, Saham Komoditas Siap Terseret

Kompas.com - 31/05/2012, 09:31 WIB
|
EditorThomas Pudjo Widijanto

JAKARTA,KOMPAS.com -  Bursa global kembali terkoreksi. Bursa AS dan Eropa ditutup melemah sekitar 1-2 persen memfaktorkan sentimen negatif dari yield SUN Spanyol yang kembali naik dan CDS Spanyol yang mencetak level tertinggi baru. Rilis data pending home sales AS di bulan April yang di luar ekspektasi turun 5,5 persen dibanding bulan sebelumnya juga menjadi sentimen negatif di bursa AS.

Hasil poling terbaru untuk Yunani, partai anti-bailout berhasil memimpin yang kembali mencuatkan kekhawatiran Yunani akan keluar dari Uni Eropa. Harga minyak dunia turun signifikan semalam sekitar 3,2 persen ke level 87,8 dollar AS per barrel diikuti harga metal yang terkoreksi sekitar 2 persen. Bursa Asia pagi ini turut dibuka melemah sekitar 1,5 persen memfaktorkan sentimen negatif dari bursa global semalam dan koreksi signifikan di bursa komoditas.

Sementara pagi ini Rupiah kembali terdepresiasi ke level Rp 9.610 per dollar AS meski kemarin sempat ditutup di level Rp 9.452 per dollar AS karena intervensi BI. Riset Samuel Sekuritas memperkirakan IHSG akan kembali bergerak melemah hari ini seiring koreksi signifikan yang terjadi di bursa global dan komoditas serta nilai tukar rupiah yang masih relatif volatil. Beberapa saham berbasis komoditas diperkirakan akan kembali terkoreksi hari ini. Support indeks hari ini berada di level 3.850.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.