Menang di Texas, Romney Akan Tantang Obama

Kompas.com - 30/05/2012, 11:09 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com Mitt Romney menang dalam pemilihan pendahuluan (primary) Partai Republik di Texas, Selasa (29/5/2012). Dengan demikian, ia meraih cukup delegasi untuk mengantongi pencalonan partai untuk dalam pemilihan presiden AS, kata partainya dan laporan media.

Mantan gubernur Massachusetts tersebut meraih 71 persen suara di Texas, kata Fox News dan CNN di jejaring mereka. Kedua media elektronik itu melaporkan kemenangan Romney bersama stasiun televisi NBC.

Kemenangan yang diproyeksikan mesti diperoleh Romney ialah 1.144 delegasi untuk menjadi pembawa bendera partai dan berhadapan dengan calon Partai Demokrat, Presiden Barack Obama, pada November.

Ketua Komite Nasional Partai Republik (RNC) Reince Priebus memuji kemenangan tersebut, dan mengatakan kemenangan itu melicinkan atau memuluskan jalan bagi konvensi partai pada Agustus di Tampa, Florida, tempat Romney akan secara resmi dicalonkan dan mengungkap calon pendampingnya. "Saya mengucapkan selamat kepada Gubernur Romney atas kemenangan dalam primary Texas dan meraih delegasi yang diperlukan untuk jadi calon partai kita di konvensi kami di Tampa," kata Priebus di dalam pernyataan sebagaimana dikutip AFP.

"Gubernur Romney akan menawarkan arah baru Amerika yang sangat kita perlukan. Kami tak bisa menanggung empat tahun lagi menghadapi agenda besar pemerintah Presiden Obama, defisit pengeluaran, dan serangan terhadap perusahaan bebas Amerika," katanya. "Saat negara harus memperkuat sektor swasta untuk menciptakan lapangan kerja, kita memerlukan seorang pemimpin yang benar-benar memahami penciptaan lapangan kerja dan menghormati sektor swasta. Pemimpin itu adalah Mitt Romney," katanya.

Romney adalah satu-satunya tokoh Partai Republik yang masih aktif berkampanye di Texas, negara bagian dengan penduduk paling padat kedua di AS, untuk memperoleh pencalonan guna menantang Obama untuk jadi penghuni Gedung Putih pada November. Anggota Kongres AS dari Texas, Ron Paul, meraih 10 persen suara di negara bagian tempat asalnya, sementara tokoh konservatif Katolik Rick Santorum memperoleh tujuh persen dan mantan Ketua Parlemen News Gingrich lima persen, kata CNN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X