Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang di Texas, Romney Akan Tantang Obama

Kompas.com - 30/05/2012, 11:09 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com Mitt Romney menang dalam pemilihan pendahuluan (primary) Partai Republik di Texas, Selasa (29/5/2012). Dengan demikian, ia meraih cukup delegasi untuk mengantongi pencalonan partai untuk dalam pemilihan presiden AS, kata partainya dan laporan media.

Mantan gubernur Massachusetts tersebut meraih 71 persen suara di Texas, kata Fox News dan CNN di jejaring mereka. Kedua media elektronik itu melaporkan kemenangan Romney bersama stasiun televisi NBC.

Kemenangan yang diproyeksikan mesti diperoleh Romney ialah 1.144 delegasi untuk menjadi pembawa bendera partai dan berhadapan dengan calon Partai Demokrat, Presiden Barack Obama, pada November.

Ketua Komite Nasional Partai Republik (RNC) Reince Priebus memuji kemenangan tersebut, dan mengatakan kemenangan itu melicinkan atau memuluskan jalan bagi konvensi partai pada Agustus di Tampa, Florida, tempat Romney akan secara resmi dicalonkan dan mengungkap calon pendampingnya. "Saya mengucapkan selamat kepada Gubernur Romney atas kemenangan dalam primary Texas dan meraih delegasi yang diperlukan untuk jadi calon partai kita di konvensi kami di Tampa," kata Priebus di dalam pernyataan sebagaimana dikutip AFP.

"Gubernur Romney akan menawarkan arah baru Amerika yang sangat kita perlukan. Kami tak bisa menanggung empat tahun lagi menghadapi agenda besar pemerintah Presiden Obama, defisit pengeluaran, dan serangan terhadap perusahaan bebas Amerika," katanya. "Saat negara harus memperkuat sektor swasta untuk menciptakan lapangan kerja, kita memerlukan seorang pemimpin yang benar-benar memahami penciptaan lapangan kerja dan menghormati sektor swasta. Pemimpin itu adalah Mitt Romney," katanya.

Romney adalah satu-satunya tokoh Partai Republik yang masih aktif berkampanye di Texas, negara bagian dengan penduduk paling padat kedua di AS, untuk memperoleh pencalonan guna menantang Obama untuk jadi penghuni Gedung Putih pada November. Anggota Kongres AS dari Texas, Ron Paul, meraih 10 persen suara di negara bagian tempat asalnya, sementara tokoh konservatif Katolik Rick Santorum memperoleh tujuh persen dan mantan Ketua Parlemen News Gingrich lima persen, kata CNN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com