Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer AS Bantah Terjunkan Pasukan Khusus ke Korut

Kompas.com - 29/05/2012, 17:56 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com -- Militer Amerika Serikat (AS), Selasa (29/5/2012), membantah sebuah laporan media yang menyebutkan pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel pasukan khusus ke wilayah Korea Utara untuk misi penyusupan dan pengumpulan data intelijen.

Dalam pemberitaannya, majalah The Diplomat, mengutip pernyataan Komandan Pasukan Khusus AS di Korea Selatan, Brigadir Jenderal Neil Tolley, yang menyebut pihaknya bekerja sama dengan pasukan khusus Korsel telah diterjunkan untuk sebuah misi "pengintaian khusus". Namun demikian, perwira humas militer AS di Korsel Kolonel Jonathan Withington mengatakan, pernyataan Tolley dikutip di luar konteks oleh media tersebut.

"Kutipannya dikarang dan seolah-olah dilontarkan oleh Tolley. Walau misi pengintaian khusus memang inti dari misi pasukan khusus, tidak ada dari pasukan itu yang dikirimkan ke sana untuk itu," papar Withington dalam pernyataan tertulisnya.

Majalah The Diplomat mengutip pernyataan Tolley terkait ribuan terowongan bawah tanah yang dibangun sejak Perang Korea tahun 1950-1953. Seluruh fasilitas terowongan itu sama sekali tersembunyi dan tidak dapat dideteksi pencitraan satelit.

"Untuk itu lah kami kemudian mengirimkan pasukan khusus AS dan Korsel ke sana untuk menjalankan misi pengintaian tadi," tulis The Diplomat mengutip Tolley dalam sebuah jumpa pers di Florida pekan lalu.

Menurut majalah itu, Tolley menyebut personel pasukan komando itu diterjunkan dengan perbekalan minim. Dari mereka diketahui sedikitnya ada empat terowongan dibangun di bawah kawasan demiliterisasi, yang memisahkan kedua Korea.

"Kami masih belum tahu seberapa banyak informasi yang tidak kami ketahui," ujar Tolley seperti dikutip majalah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com