Militer AS Bantah Terjunkan Pasukan Khusus ke Korut

Kompas.com - 29/05/2012, 17:56 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

SEOUL, KOMPAS.com -- Militer Amerika Serikat (AS), Selasa (29/5/2012), membantah sebuah laporan media yang menyebutkan pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel pasukan khusus ke wilayah Korea Utara untuk misi penyusupan dan pengumpulan data intelijen.

Dalam pemberitaannya, majalah The Diplomat, mengutip pernyataan Komandan Pasukan Khusus AS di Korea Selatan, Brigadir Jenderal Neil Tolley, yang menyebut pihaknya bekerja sama dengan pasukan khusus Korsel telah diterjunkan untuk sebuah misi "pengintaian khusus". Namun demikian, perwira humas militer AS di Korsel Kolonel Jonathan Withington mengatakan, pernyataan Tolley dikutip di luar konteks oleh media tersebut.

"Kutipannya dikarang dan seolah-olah dilontarkan oleh Tolley. Walau misi pengintaian khusus memang inti dari misi pasukan khusus, tidak ada dari pasukan itu yang dikirimkan ke sana untuk itu," papar Withington dalam pernyataan tertulisnya.

Majalah The Diplomat mengutip pernyataan Tolley terkait ribuan terowongan bawah tanah yang dibangun sejak Perang Korea tahun 1950-1953. Seluruh fasilitas terowongan itu sama sekali tersembunyi dan tidak dapat dideteksi pencitraan satelit.

"Untuk itu lah kami kemudian mengirimkan pasukan khusus AS dan Korsel ke sana untuk menjalankan misi pengintaian tadi," tulis The Diplomat mengutip Tolley dalam sebuah jumpa pers di Florida pekan lalu.

Menurut majalah itu, Tolley menyebut personel pasukan komando itu diterjunkan dengan perbekalan minim. Dari mereka diketahui sedikitnya ada empat terowongan dibangun di bawah kawasan demiliterisasi, yang memisahkan kedua Korea.

"Kami masih belum tahu seberapa banyak informasi yang tidak kami ketahui," ujar Tolley seperti dikutip majalah itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.