Hillary Clinton Kecam Kekejaman di Houla

Kompas.com - 27/05/2012, 10:18 WIB
Penulis Hindra Liu
|
EditorI Made Asdhiana

DAMASKUS, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengecam kekejaman atas kematian 92 orang akibat serangan pasukan Suriah di kota Houla, dan berseru kepada pemimpin dunia untuk mengakhiri pertumpahan darah di sana. Angka kematian ini merupakan salah satu isi laporan yang disusun Lembaga Pemantau untuk HAM Suriah.

Hillary mengatakan, Amerika Serikat akan bekerja sama dengan sekutu internasional untuk meningkatkan tekanan terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad dan kroni-kroninya.

Hillary mengatakan, pemerintahan Bashar al-Assad telah menciptakan ketakutan di kalangan warga Suriah. "Amerika Serikat mengecam dalam istilah paling keras atas pembantaian kemarin di desa Houla Suriah," kata Hillary Clinton dalam pernyataan yang disiarkan oleh juru bicaranya, Minggu (27/5/2012).

Misi PBB mengatakan, 32 dari 92 jenazah merupakan anak-anak berusia kurang dari 10 tahun. Hillary mengatakan, para pengamat PBB telah mengonfirmasikan bahwa puluhan pria, wanita, dan anak-anak tewas dan ratusan lainnya terluka dalam serangan kejam yang melibatkan artileri rezim dan serangan tank di kawasan pemukiman.

Video amatir yang diunggah di situs Youtube memperlihatkan jenazah anak-anak berbalut selimut terbaring di lantai di beberapa ruangan dengan kondisi mengenaskan. "Mereka yang melakukan kekejaman ini harus diidentifikasi dan ditangkap untuk mempertanggungjawabkannya," tambahnya.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan orang-orang Suriah dan berunjuk rasa damai di kota-kota seluruh Suriah yang turun ke jalan untuk mengecam pembantaian di Houla, " kata Hillary.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.