Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartel Narkotika Meksiko Punya Pabrik Seragam Militer

Kompas.com - 24/05/2012, 22:46 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Aksi kartel narkotika Meksiko memproduksi dan menggunakan seragam palsu militer negara itu, agar lebih leluasa menyelundupkan narkotika ke Amerika Serikat.

Marinir Meksiko hari Kamis (24/5/2012) ini melaporkan, mereka berhasil menemukan pabrik konveksi rahasia di Meksiko utara, yang dioperasikan kalangan kartel narkotika untuk membuat seragam militer palsu.

Kantor berita AP melaporkan pula, marinir Meksiko menemukan ratusan celana, baju, dan rompi seragam militer di pabrik konveksi di Piedras Negras, kota di perbatasan utara Meksiko. Kota ini berada tepat di pintu pelintasan perbatasan dari kota Eagle Pass, Texas di wilayah AS.

Seragam palsu ini, menurut pihak marinir Meksiko, bagian dari upayanya untuk merusak reputasi korps marinir Meksiko. Kartel atau gang narkotika Meksiko kadang menggunakan seragam militer palsu, untuk melakukan operasi di jalan raya sekaligus untuk aksi penculikan atas para korban yang menentang atau berkhianat.

Marinir Meksiko, berdasarkan masukan, juga menemukan sejumlah mesin konveksi dan berbagai pasokan bahan kain lainnya, saat mereka menyerbu pabrik konveksi rahasia itu. Dalam aksi serangan terkait, marinir Meksiko juga menemukan narkotika, senjata dan yang di berbagai lokasi lainnya di Piedras Negras.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com