Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gurita Satwa Cerdas Menyembunyikan Diri

Kompas.com - 24/05/2012, 19:13 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BEER SHEVA, KOMPAS.com - Gurita memiliki cara cerdas untuk menyembunyikan diri. Satwa ini mengambil karakter suatu objek spesifik di lingkungannya untuk menghindar dari serangan predator.

"Gurita disebut sebagai master kamuflase. Gurita bisa mengubah warna, pola, dan tekstur kulitnya dalam sekejap," kata Noam Josef dari Ben-Gurion University di Israel seperti dilansir situs Livescience, Rabu (23/5/2012).

Josef mengatakan Dengan meniru fitur objek tertentu di lingkungannya, gurita bisa menghasilkan kamuflase efektif yang menipu berbagai jenis predator.

Ada beragam cara satwa melakukan kamuflase. Ada yang hanya meniru objek tertentu di lingkungan, ada pula yang meniru pola dan warna lingkungan secara keseluruhan.

Untuk melihat cara gurita melakukan komuflase, peneliti melihat kenampakan 11 gurita dari 2 spesies, yakni O. cyanea and O. vulgaris di Laut Mediterania dan Laut Merah.

Program komputer akan mencocokkan karakter gurita dengan lingkungannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa gurita hanya cocok dengan bagian lingkungan tertentu saja.

Josef menambahkan, gurita tidak meniru suatu objek secara persis, tetapi memilih fitur tertentu dari objek umum yang dijumpai di lingkungannya.

"Keuntungan dari mekanisme ini adalah kecocokan dengan karakter di lokasi yang relatif luas, walaupun level kecocokan dengan objeknya rendah," kata Josef.

Gurita dikenal mampu mengubah bentuk, warna, dan pola dari suatu objek di lingkungannya. Ciri ini unik mengingat sebenarnya gurita adalah makhluk buta warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com