Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negosiasi Nuklir Iran Berlanjut

Kompas.com - 24/05/2012, 05:01 WIB

baghdad, rabu - Enam kekuatan dunia membahas lagi program nuklir Iran di ibu kota Irak, Baghdad, Rabu (23/5). Mereka ingin menekan Iran untuk segera menghentikan pengayaan uranium yang sudah dimulai pada tahun 2010. Pertemuan itu digelar di zona hijau Baghdad di bawah pengawalan ketat oleh 15.000 personel tentara dan polisi Irak.

Pertemuan enam negara—terdiri atas lima anggota tetap DK PBB yakni AS, Inggris, Perancis, Rusia, dan China plus Jerman (P5+1)—itu diletakkan dalam kerangka menekan Teheran agar tidak melanjutkan program nuklirnya. Rapat juga dilakukan untuk menghindari pecahnya perang di kawasan Timur Tengah.

Perundingan antara P5+1 dan Iran dimulai lagi pada 14 April lalu, di Istanbul, Turki.

”Pertemuan Istanbul penting karena bagi kita itu merupakan ujian atas kesediaan Iran untuk terlibat. Pertemuan Baghdad harus fokus pada substansi yang lebih konkret,” kata seorang diplomat Eropa.

Pertemuan di Istanbul terjadi setelah 15 bulan berlalu tanpa ada pembicaraan atau perundingan nyata terkait program nuklir Iran, dan gejolak perseteruan antara Iran dan AS berkembang hingga mencapai titik paling menegangkan. Barat menilai Teheran telah melanjutkan program nuklirnya untuk memproduksi senjata nuklir.

Seorang pejabat senior mengatakan, enam kekuatan dunia, yang dipimpin Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton, akan mendesak Iran membuat ”proposal rinci yang akan mencakup langkah-langkah pemulihan kepercayaan”. Ashton tiba di Baghdad, Rabu pagi, setelah merampungkan negosiasi soal proposal penyelesaian masalah nuklir Iran bersama P5+1 di Amman, Jordania.

Kesepakatan dengan IAEA

Dua hari sebelumnya, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Saeed Jalili menggelar pertemuan dengan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano di Teheran. Pertemuan itu dikabarkan membuahkan hasil positif.

Amano mengatakan Teheran berjanji akan bersikap kooperatif terhadap investigasi IAEA terkait aktivitas nuklir mereka. IAEA menginginkan para pengawasnya mendapat akses seluas-luasnya ke lokasi reaktor, ilmuwan, dan dokumen-dokumen nuklir Iran.

Amano menyatakan keinginan IAEA untuk mendapat akses ke kompleks militer Parchin, tempat yang diduga menjadi pusat pengembangan senjata nuklir, menjadi bagian dari nota kesepakatan dengan Iran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com