Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Mesir Antusias

Kompas.com - 24/05/2012, 05:00 WIB

Kairo, Kompas - Suasana lalu lintas kota Kairo cukup lengang ketika warga kota itu, Rabu (23/5) pagi, memberikan hak suaranya untuk memilih satu dari 13 calon presiden. Pemilihan presiden demokratis pertama di era Mesir modern itu berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis, dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat.

Warga Mesir yang antusias lebih memprioritaskan pergi ke tempat pemungutan suara (TPS) daripada ke tempat kerja. Wajah kemacetan di ibu kota Mesir itu yang biasa terjadi sirna dari pemandangan mata.

Cuaca di Mesir yang mulai memasuki musim panas dengan temperatur mencapai 36 derajat celsius tidak mengendurkan semangat warga Mesir untuk memberikan suaranya. Pemerintah sementara pimpinan Perdana Menteri Kamal Ganzouri mengumumkan hari pemilu tidak libur bagi pegawai pemerintah.

Wartawan Kompas Musthafa Abd Rahman dari Kairo melaporkan jalannya pemilihan presiden (pilpres) juga relatif aman dan tertib, tanpa ada laporan atau berita tentang kekacauan di sana-sini. Suara gemuruh helikopter militer sesekali terdengar di atas wilayah yang terdapat TPS untuk memantau dan mengamankan jalannya pemungutan suara.

Dewan Agung Militer (SCAF) yang berkuasa di Mesir saat ini tampaknya tidak main-main dengan keamanan demi suksesnya pilpres. SCAF mengerahkan sebanyak 150.000 petugas untuk mengamankan pilpres di seantero negeri Mesir. Puluhan kendaraan lapis baja dengan pasukan siap siaga terlihat diparkir di salah satu sudut jalan Nasr di distrik Nasr City, Kairo, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kekacauan.

Di salah satu TPS di distrik Rab’ah Adawiyah, Nasr City, personel militer yang dibantu sejumlah aparat keamanan tampak sangat sigap mengawasi antrean panjang warga yang ingin memberikan hak suaranya.

Namun, sejauh pengamatan Kompas pada Rabu pagi, antrean warga di depan TPS tidak sepanjang dan sepadat pemilu parlemen Mesir, tahun lalu. Sejumlah gedung sekolah yang dijadikan TPS pada pemilu parlemen lalu, pada pilpres ini tidak lagi difungsikan.

Salah seorang pemilih yang mengaku bernama Ahmed Said (60) mengungkapkan akan memilih capres Hamdin Sabahi dari kubu nasionalis/sosialis karena program Hamdin Sabahi memihak orang miskin.

Pemilih lain yang mengaku bernama Nabil (40) menyampaikan akan memilih capres dari kubu islamis, Abdul Munim Abul Futuh, karena figur Abul Futuh diterima semua pihak, baik dari kubu islamis maupun liberalis.

Awal perjalanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com