Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roda Pendarat Patah, Pesawat Militer Rusia Terbakar

Kompas.com - 23/05/2012, 23:11 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

PRAHA, KOMPAS.com — Sebuah pesawat militer Rusia jenis Antonov An-30 terbakar hebat setelah roda pendarat bagian depan patah saat mendarat di salah satu pangkalan udara militer Ceko, Rabu (23/5/2012). Gesekan roda pendarat yang patah memicu percikan api dan membakar pesawat yang tergelincir keluar landasan.

Insiden tersebut terjadi saat pesawat yang sedang menjalankan misi pengamatan di bawah program Traktat Langit Terbuka (Open Skies) itu mendarat di pangkalan udara Caslav, sekitar 80 kilometer sebelah timur ibu kota Praha. Saat kejadian, pesawat buatan Rusia itu membawa 23 orang, terdiri dari 14 warga Rusia dan 9 warga Ceko.

Tujuh penumpang terluka akibat insiden tersebut. Dua di antaranya menderita luka bakar cukup parah dan diterbangkan ke sebuah rumah sakit di Praha.

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konachenkov, roda pendarat depan pesawat bermesin ganda itu patah sehingga pesawat tergelincir keluar landasan dan terbakar.

Hampir semua orang, kecuali satu tentara Rusia, berhasil meloncat keluar begitu pesawat berhenti dan mulai terbakar. Mereka kemudian berusaha menolong satu orang Rusia tersebut, yang menderita luka bakar 20 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com