Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Berencana Beli Ratusan Rudal Baru

Kompas.com - 22/05/2012, 16:53 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com -- Korea Selatan (Korsel) dikabarkan akan menganggarkan dana lebih dari 2 miliar dollar AS dalam lima tahun ke depan untuk membeli ratusan peluru kendali (rudal) baru guna menghadapi ancaman dari Korea Utara (Korut).

Laporan yang dimuat surat kabar Chosun Ilbo dan kantor berita Yonhap, Selasa (22/5/2012), menyebutkan bahwa  Presiden Korsel Lee Myung-Bak sudah menyetujui anggaran Kementerian Pertahanan sebesar 2,5 triliun won (Rp 20,84 triliun) untuk membeli sedikitnya 500-600 rudal baru pada rapat kementerian tersebut, 28 April. Rapat ini digelar setelah Korut meluncurkan roket yang diduga adalah rudal jarak jauh tipe baru.

"Kemhan mengajukan permintaan anggaran itu karena meningkatnya ancaman provokasi dari Korut sejak Kim Jong Un berkuasa," tulis Chosun Ilbo, yang mengutip seorang sumber di kalangan pemerintah Korsel.

Pihak Kemhan Korsel enggan mengonfirmasi laporan tersebut, dan hanya mengatakan bahwa Korsel setuju pada kebutuhan untuk memperkuat kemampuan rudalnya.

Pada 19 April, Korsel memperkenalkan rudal jelajah terbaru buatan sendiri, Hyunmu-3, yang berdaya jelajah 1.500 kilometer dan mampu menghancurkan sasaran, seperti pangkalan rudal atau pangkalan nuklir di seluruh bagian Korut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com