Peralatan Militer AS Pakai Komponen Palsu dari China

Kompas.com - 22/05/2012, 13:50 WIB
EditorKistyarini

Sejumlah besar komponen elektronik palsu dari China digunakan dalam peralatan militer Amerika Serikat, demikian hasil temuan Komite Pertahanan Senat Amerika Serikat.

Dalam penyelidikan yang berlangsung setahun penuh tersebut, Komite Militer Senat AS menemukan ada sekitar 1.800 kasus komponen palsu di pesawat militer AS.

Lebih dari 70 persen dari sekitar satu juta komponen palsu tersebut setelah ditelusuri ternyata berasal dari China.

Penggunaan komponen palsu ini dianggap membahayakan keselamatan dan keamanan nasional serta menyebabkan anggaran Pentagon meningkat.

Laporan komite ini menyebutkan bahwa tentara AS tergantung pada beragam ''komponen elektronik kecil yang sangat canggih'' yang terdapat di sistem penglihatan malam hari, radio, dan perlengkapan GPS, dan kegagalan dari satu komponen bisa menyebabkan risiko bagi seorang tentara.

Sejumlah komponen palsu ini dilaporkan juga terdapat di helikopter SH-60B yang digunakan Angkatan Laut, pesawat kargo C-130J dan C-27J, serta di pesawat P-8A Poseidon.

Selain China, komponen palsu itu juga ditengarai datang dari Inggris dan Kanada.

"Menghindari pengawasan"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam temuannya, Komite Militer Senat AS menyalahkan kelemahan dalam rantai persediaan AS dan menilai China gagal mengatasi pasar produk palsu.

Sejumlah anggota komite yang ingin datang ke China untuk penyelidikan komponen palsu ini disebut-sebut batal karena tidak mendapatkan visa kunjungan.

"Komponen elektronik palsu dijual bebas di pasar umum di China.''

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.