Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Meledak di Italia, 1 Siswi Tewas

Kompas.com - 20/05/2012, 01:46 WIB

Brindisi, Sabtu - Bom berkekuatan besar meledak di depan sebuah sekolah menengah kejuruan di kota Brindisi, Italia tenggara, Sabtu (19/5). Seorang siswi berusia 16 tahun tewas dalam insiden tersebut, dan sedikitnya empat siswi lain terluka parah.

Bom meledak sekitar pukul 08.45 waktu setempat, saat para murid berbaris memasuki sekolah kejuruan khusus perempuan Francesca Morvillo Falcone. ”Saya sedang membuka jendela kantor, dan gelombang ledakan menghantam saya. Saya melihat anak-anak sekolah terkapar di tanah, semua hangus,” tutur seorang pegawai kantor kejaksaan di sebelah sekolah tersebut.

Petugas layanan darurat setempat, Fabiano Amati, mengatakan, seorang siswi berusia 16 tahun meninggal dunia setelah sempat dibawa ke rumah sakit. Satu siswi lagi, yang sempat dikabarkan tewas, ternyata masih hidup tetapi menderita luka-luka sangat serius.

Paola Ciannamea, pejabat rumah sakit setempat, mengatakan, seorang korban lain berisiko kehilangan dua kakinya yang terluka parah. Sementara dua korban lagi menderita luka bakar di sekujur tubuh mereka.

Polisi belakangan menemukan bom tersebut terbuat dari tiga tabung gas elpiji yang diikat bersama detonator dan pengatur waktu, dan diletakkan di dekat dinding sekolah.

Polisi langsung meningkatkan pengamanan di Brindisi, dan seluruh sekolah di kota itu memulangkan murid-muridnya lebih awal.

Presiden Italia Giorgio Napolitano dan para pejabat pemerintah daerah mengecam ledakan tersebut. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Wali Kota Brindisi Mimmo Consales menduga serangan ini berkaitan dengan kelompok mafia lokal. Nama sekolah yang diserang itu diambil dari nama istri seorang hakim antimafia, Giovanni Falcone. Falcone dan istrinya tewas dalam serangan bom mafia di Sicilia, tahun 1992, dan warga kota Brindisi sedang bersiap memperingati peristiwa pembunuhan hakim itu pekan depan.

Meski demikian, Menteri Dalam Negeri Italia Anna Maria Cancellieri mengingatkan untuk tak tergesa-gesa mengambil kesimpulan. ”Ini bukan metode yang biasa dilakukan mafia,” tutur Cancellieri.

Ledakan di China

Sementara itu, dari China dilaporkan, sebuah ledakan terjadi di proyek pembangunan terowongan di Provinsi Hunan, China tengah, Sabtu. Sebanyak 19 pekerja tewas akibat ledakan, yang diduga terjadi saat para pekerja sedang membongkar muatan bahan peledak dari truk pengangkut.

(AP/AFP/Reuters/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com