Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Korut Diduga Pasok Senjata ke Suriah

Kompas.com - 18/05/2012, 11:13 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Satu panel ahli Perserikatan Bangsa Bangsa yang memantau kepatuhan sanksi terhadap Korea Utara
menyelidiki laporan-laporan tentang kemungkinan pengiriman senjata Pyongyang ke Suriah dan Myanmar, kata panel dalam laporan rahasia, Reuters melaporkan, Kamis (17/5/2012).

"DPRK (Korea Utara) terus secara aktif menentang langkah-langkah dalam resolusi (sanksi PBB)," kata panel dalam laporan itu, yang disampaikan kepada Komite Saksi Korea Utara Dewan Keamanan PBB pada awal pekan ini.

"Negara-negara anggota tidak melaporkan kepada panitia setiap pelanggaran yang melibatkan pengiriman nuklir, materi lain yang berkaitan dengan WMD (senjata pemusnah massal) atau barang sejenis peluru kendali balistik," katanya.

"Tetapi mereka melaporkan beberapa pelanggaran lainnya termasuk penjualan senjata secara ilegal dan terkait perlengkapan serta barang-barang mewah."

Korea Utara dikenai sanksi-sanksi PBB setelah Pyongyang melakukan uji coba senjata nuklir dan peluru kendali yang meresahkan masyarakat internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com