PBB: Korut Diduga Pasok Senjata ke Suriah

Kompas.com - 18/05/2012, 11:13 WIB
EditorKistyarini

NEW YORK, KOMPAS.com - Satu panel ahli Perserikatan Bangsa Bangsa yang memantau kepatuhan sanksi terhadap Korea Utara
menyelidiki laporan-laporan tentang kemungkinan pengiriman senjata Pyongyang ke Suriah dan Myanmar, kata panel dalam laporan rahasia, Reuters melaporkan, Kamis (17/5/2012).

"DPRK (Korea Utara) terus secara aktif menentang langkah-langkah dalam resolusi (sanksi PBB)," kata panel dalam laporan itu, yang disampaikan kepada Komite Saksi Korea Utara Dewan Keamanan PBB pada awal pekan ini.

"Negara-negara anggota tidak melaporkan kepada panitia setiap pelanggaran yang melibatkan pengiriman nuklir, materi lain yang berkaitan dengan WMD (senjata pemusnah massal) atau barang sejenis peluru kendali balistik," katanya.

"Tetapi mereka melaporkan beberapa pelanggaran lainnya termasuk penjualan senjata secara ilegal dan terkait perlengkapan serta barang-barang mewah."

Korea Utara dikenai sanksi-sanksi PBB setelah Pyongyang melakukan uji coba senjata nuklir dan peluru kendali yang meresahkan masyarakat internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.