Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Presiden Kuba Dapat Visa Berkunjung ke AS

Kompas.com - 17/05/2012, 23:01 WIB
Pieter P Gero

Penulis

HAVANA, KOMPAS.com — Putri pertama Presiden Kuba Raul Castro, yaitu Mariela Castro, bakal bisa menghadiri satu konferensi di San Francisco, Amerika Serikat, dan satu acara resmi lainnya di Washington DC.

Raul Castro menjadi Presiden Kuba menggantikan kakaknya, Fidel Castro, yang sangat anti-Amerika Serikat.

Seorang sahabat Mariela Castro, sebagaimana dikutip kantor berita AP, Kamis (17/5/2012) ini, menyebutkan, Pemerintah AS sudah menjamin visa bagi Mariela untuk datang ke AS. Pemberian visa bagi putri pemimpin Kuba ini adalah hal yang langka.

Putri Presiden Raul Castro ini dikenal sebagai pengacara hak-hak asasi kelompok gay. Mariela berniat menghadiri pertemuan Asosiasi Mahasiswa Amerika Latin di San Francisco yang dijadwalkan pekan depan. Pertemuan ini acap kali mendapat kritik keras politisi AS asal Kuba.

Mariela Castro diketahui mengelola Pusat Nasional bagi Pendidikan Seks di Kuba. Seorang pejabat Pemerintah Kuba menegaskan, Mariela Castro sudah memperoleh visa perjalanan untuk hadir dalam konferensi, dan juga event lainnya di Washington DC. Tidak diungkapkan apa yang akan dibahas Mariela di Washington DC, pusat pemerintahan AS.

Fidel Castro, paman Mariela, dikenal sebagai penentang keras Pemerintah AS yang dituduh sangat kapitalis. Fidel Castro pernah membuat AS marah saat dia mengizinkan Uni Soviet menggelar sejumlah rudalnya di Kuba, yang terletak di halaman belakang AS pada awal tahun 1960-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com