Putri Presiden Kuba Dapat Visa Berkunjung ke AS

Kompas.com - 17/05/2012, 23:01 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

HAVANA, KOMPAS.com — Putri pertama Presiden Kuba Raul Castro, yaitu Mariela Castro, bakal bisa menghadiri satu konferensi di San Francisco, Amerika Serikat, dan satu acara resmi lainnya di Washington DC.

Raul Castro menjadi Presiden Kuba menggantikan kakaknya, Fidel Castro, yang sangat anti-Amerika Serikat.

Seorang sahabat Mariela Castro, sebagaimana dikutip kantor berita AP, Kamis (17/5/2012) ini, menyebutkan, Pemerintah AS sudah menjamin visa bagi Mariela untuk datang ke AS. Pemberian visa bagi putri pemimpin Kuba ini adalah hal yang langka.

Putri Presiden Raul Castro ini dikenal sebagai pengacara hak-hak asasi kelompok gay. Mariela berniat menghadiri pertemuan Asosiasi Mahasiswa Amerika Latin di San Francisco yang dijadwalkan pekan depan. Pertemuan ini acap kali mendapat kritik keras politisi AS asal Kuba.

Mariela Castro diketahui mengelola Pusat Nasional bagi Pendidikan Seks di Kuba. Seorang pejabat Pemerintah Kuba menegaskan, Mariela Castro sudah memperoleh visa perjalanan untuk hadir dalam konferensi, dan juga event lainnya di Washington DC. Tidak diungkapkan apa yang akan dibahas Mariela di Washington DC, pusat pemerintahan AS.

Fidel Castro, paman Mariela, dikenal sebagai penentang keras Pemerintah AS yang dituduh sangat kapitalis. Fidel Castro pernah membuat AS marah saat dia mengizinkan Uni Soviet menggelar sejumlah rudalnya di Kuba, yang terletak di halaman belakang AS pada awal tahun 1960-an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.