Pesawat Militer Pakistan Tabrakan di Udara, 4 Pilot Tewas

Kompas.com - 17/05/2012, 22:55 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Dua pesawat latih MFI-17B Mushshak milik Angkatan Udara Pakistan, bertabrakan di udara saat menjalankan misi latihan di kawasan Rashkai, sekitar 160 kilometer sebelah barat laut Islamabad, Kamis (17/5/2012). Empat pilot pesawat tersebut tewas seketika.

"Dua pesawat latih AU Pakistan bertabrakan di udara. Empat pilot tewas, dua adalah pilot kadet dan dua lagi instruktur mereka," ungkap perwira kepolisian setempat, Mohammad Hussain.

Menurut Hussain, salah satu pesawat berkursi ganda itu jatuh menimpa rumah penduduk, melukai seorang anak perempuan dan seorang pria tua. Sementara pesawat kedua jatuh di ladang tak jauh dari rumah tersebut.

Mushshak adalah pesawat latih bermesin baling-baling yang diproduksi di Pakistan berdasarkan lisensi dari pabrikan Saab, Swedia, dan merupakan pengembangan dari pesawat latih Saab Safari. Buku Military Balance 2010 menyebutkan, AU Pakistan masih mengoperasikan 80 unit pesawat MFI-17B tersebut.

Ini adalah kecelakaan udara kedua yang melibatkan pesawat AU Pakistan dalan sepekan terakhir, setelah satu pesawat tempur jatuh di dekat kota Sonmiani di Pakistan barat daya, Jumat pekan lalu. Pilot pesawat tempur itu berhasil mengaktifkan kursi pelontar dan mendarat dengan selamat. (AFP/AP/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.